Langsung ke konten utama

Tahapan Rekrutmen Medical Delegate Trainee (MDT) PT Nestle Indonesia Oktober-November 2015

Karena banyak yang request, akhirya aku bikin edisi yang more detail. 
Posisi MDT PT. Nestle Indonesia bisa didapatkan melalui rekrutmen kampus, jobfair, dan event pencarian kerja lainnya. Rekrutmen kampus mungkin salah satu yang berpeluang besar untuk kita, terutama fresh graduate. UNS Surakarta. Posisi yang ditawarkan adalah Medical Delegate Trainee (MDT). Saat aku mendaftar dulu, secara umum tahap seleksinya ada 7 : short interview, focus group discussion, in depth interview, join visit, final interview, medical check up, dan salary offering.

Kalau dari rekrutmen kampus, biasanya kita diminta mengisi form online mengenai biodata kita. Kemudian, pada hari yang sudah ditentukan, kita diminta datang ke tempat seleksi. Pastikan pakai baju yang rapi dan bersepatu. Nestle akan  mengawali rekrutmen dengan memberikan presentasi mengenai introduction about perusahaan. Nestle bergerak di bidang nutrition, health, and wellness. Tagline nya adalah good food, good life. Selanjutnya masing-masing kita akan diberi nomor sebagai nomor tes.

1. Short interview
Wow, di awal kita sudah diwawancara
. Don't worry. I am sure you can do it. Kita akan diwawancarai oleh satu interviewer menggunakan bahasa Inggris selama tiga menit.  Pertanyaannya seputar biodata kita, hobi, alamat, background studi, dan hal-hal ringan lainnya. Kalo pas aku dulu pertanyaannya :
a. What's your name?
b. Where are you from? It is so far, why do you study here?
c. What's your hobby? 
d. What kind of book do you like?
e. What's your father's job?
f. Why did you choose chemistry?

Short intervie ini juga ada sistem gugur. So, prepare your self. Selalu jawab pertanyaan interviewer, jangan diam. Saat kita tidak lancar berbahasa inggris, minimal kita sudah berusaha sehingga menjadi nilai plus.

2. Focus group discussion
Di tahap ini kita akan berkelompok dan diberi suatu kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan. Kita diminta membaca sebuah kasus kemudian memberikan solusi dan argumen-argumen kita. Sebaiknya berusaha untuk menjawab, jangan pasif, tapi jangan mendominasi apalagi ngotot. Sejujurnya aku tidak tahu apa saja yang nilai di sini, tapi yang jelas, cukup aktif menjawab tentu lebih baik. Perhatikan juga attitude saat berbicara. Jangan memotong pembicaraan, berbicara yang santun, dan bersuaralah yang bisa didengar. Tahap ini menggugurkan banyak peserta. Kelompokku dulu terdiri dari 6 orang dan 2 tidak lulus.Totalnya dari 100 tersisa 39 peserta.

3. In depth interview
Wawancara secara mendalam. Akan ada 3 interviewer dalam sekali wawancara. Wawancara dilakukan dalam bahasa Indonesia. Yeaaay. Pewawancara di sini adalah orang-orang "penting" di bidang Nestle Nutrition. Deg-deg an banget saat itu, jadi kayak sidang skripsi.

4. Join visit
Kita akan ikut MD senior selama dua hari untuk melihat gambaran umum pekerjaan MD. Seru banget bisa ikut MD senior bekerja, jadi tau (sedikit) kenyataan di lapangan. Dua hari itu harus dimanfaatkan dengan baik untuk tau jobdesk, how to visit tega kesehatan, pelaporan, dan lain sebaiknya. Kalo belum tau keseluruhan bagaimana? Gpp guys. Dua hari itu bahkan tidak cukup untuk tau kulitnya. Yang penting kita cukup tahu gambaran umum pekerjaannya karena setelah itu kita diwajibkan presentasi di depan MD dan FOE (Field Operation Excecutive= semacam bos/leader kita di area).

5. Final interview
Wawancara akan dilakukan di head office (HO) Nestle. Saat itu aku wawancara di head office Jakarta Selatan. Datang beberapa jam sebelumnya ya biar ga kayak aku :D Waktu itu aku kebagian wawancara jam 1 siang. Aku santai-santai aja. Aku berangkat dari Tebet jam 10 siang dan ternyata luar biasa macet. Aku sampai ke HO jam 12 kurang 10 menit! Aku lari-lari karena jam 12 kan istirahat. Mana masuknya ribet lagi, pake KTP, dikasih kartu visitor, pas masuk dituker lgi kartunya. Aaaa! Pas sampe sana ternyata wawancara udah mulai dari jam 11. Untungnya sih aku ga keitung telat, cuma jadwal wawancaranya yang maju. Duuh.. lega deh. HO itu tempatnya keren (mungkin karena aku jarang masuk gedung perkantoran), terus di situ bisa minum kopi gratis sebanyak-banyaknya hahaha. Oh iya, pewawancaranya ada 2, very important people in Nestle Nutrition. In case, bisa wawancaranya pake english or bisa juga bahasa indonesia jadi siapin aja dua-duanya. Waktu itu aku ditanya beberapa hal :

a. Suka kerja lapangan?
b. Lebih suka di kantor atau di lapangan?
c. Pernah jadi ketua?
d. Apa kelebihan kamu menurut orang lain?
e. Apa kekurangan kamu menurut orang lain?
f.  Prestasi kamu apa?
g. Keberhasilan yang pernah kamu raih?


6. Medical check up
Setelah dinyatakan lolos kemudia kita diminta check up di Klinik yang ditunjuk sesuai domisili.

7. Salary offering
Kesepakatan mengenai gaji dan benefit.

Begitulah kira-kira tahapan rekrutmen MDT. Kemudian setahun penuh akan dilakukan on the job training. Setelah lulus, teman-teman akan berubah dari MDT menjadi MD. Good luck!

Komentar

Unknown mengatakan…
Halo kak salam kenal, saya mau beratanya kira" waktu itu kakak dari proses MCU ke offering menunggu berapa lama ya kak? Terimakasih kak
Herlina Karo mengatakan…
Halo kak, kemarin kaka dari proses MCU ke tahap offering menunggu berapa lama ya kak ? terimkasih sebelumnya kak

Postingan populer dari blog ini

Teks MC Bahasa Inggris di Acara Kuliah Pakar (Stadium General)

Rabu kemarin aku diminta jadi MC di acara kuliah pakar dengan dua pembicara. Satu satunya pembicara dari Turki dan satunya lagi adalah dosen UNS sekaligus mahasiswa post-doc di Dortmund, Jerman. Acaranya alhamdulillah lancar meski didn't run smoothly. So, di sini aku akan share teks MC berbahasa inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.  Ladies and gentleman, may I have your attention please. Please have a seat because opening ceremony is about to begin. Assalamualaikum wr wb. Good Morning ladies and Gentleman, welcome to  2 nd Floor room, Graduate School, Universitas Sebelas Maret. We would like to express our sincere gratitude to 1.   Excellency The Head of Chemistry Graduate Program / Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, M.Si 2.   Honourable the speaker from Department of Chemical Engineering, Izmir Institute of Technology/ Prof. Selatahattin Yilmaz, welcome to Indonesia. 3. Honourable the speaker from Department of Chem

Cara Mengisi Formulir Visa Nasional (Residence Permit) Kedutaan Jerman

Hai travellers! Apply visa untuk pertama kali memang agak membingungkan. Tapi jangan takut, asalkan semua syarat sudah terpenuhi, proses pembuatan visa pasti jadi semakin mudah dan lancar. Formulir merupakan salah satu syarat pengajuan visa. Mau ga mau kita harus mengisinya kan? Kabar baiknya adalah formulir harus diisi dalam bahasa jerman! Saya sempet bingung karena ga bisa bahasa Jerman. Tapi Alhamdulillah, dengan segala macam upaya akhirnya sekarang saya sudah bisa mengisi formulir tsb dan akan share ke teman-teman yang membutuhkan. Pertama download dulu formulirnya di sini :  http://m.jakarta.diplo.de/contentblob/3453968/Daten/4808067/antrag_national.pdf Mengisi formulir boleh dengan cara diketik atau ditulis tangan. Setau saya warna tintanya juga bebas, boleh hitam atau biru. Eh, tapi jangan merah ya, aneh kayaknya haha. Yuk kita mulai mengisinya :)