Langsung ke konten utama

Urusi Saja Urusanmu

Jangan terpancing judulnya ya hahaha. Baca dulu isinya. Insya Allah blog ini menjadi sarana sharing (karena banyak feedback positif dari teman-teman maka saya termotivasi untuk  terus menulis), curhat yang bisa diambil hikmahnya, bahan renungan dan juga pengingat untuk saya sendiri. Jadi, marilah kita mulai.

Sejak sosmed jadi santapan sehari-hari, ada hobi baru yang saya lakukan jika melihat sebuah postingan, apa itu? Membaca komentar-komentar (komen) dari internet citizen (netizen). Netizen dari Indonesia sungguh kelewat kreatif, bisa menyuguhkan komentar yang sangat menarik, lucu, dan kadang provokatif. Saya sampai terbahak-bahak jika membaca komentar para netizen yang budiman itu. Namun, adakalanya saya sangat prihatin karena selain lucu-lucuan, hujat-menghujat pun jadi lebih mudah. Seringkali netizen-netizen itulah yang berkelahi di kolom komentar seorang selebgram, padahal yang memposting sama sekali tak menggubris. Apalagi sering kita dapati kalimat-kalimat di bawah ini :

"Urusi saja urusanmu sendiri".
" Ga usah sok nasihatin. Kayak lo udah baik aja".
"Ga usah bawa-bawa agama deh".
yang bertengger di kolom komentar. Duuuh. Kesantunan ala orang timur sudah hilang, pemirsaaah.

Menurut pribadi saya, boleh kok mengomentari postingan seseorang yang kontroversial. Tapi ada adab dan tata caranya. Versi saya :
  1. Cari tahu kebenarannya. Jangan langsung judge dengan hanya melihat satu foto. Jika ingin, silakan tanyakan maksudnya dengan santun dan sopan.
  2. Setiap netizen pasti memiliki pendapat. Hargailah pendapat masing-masing orang. Kita berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, mana mungkin bisa dipaksakan punya komentar yang sama?
  3. Jika memang ingin mengingatkan, misalnya saat (maaf) seseorang memposting foto buka aurat, ingatkan dengan santun. Bukankah Rosul telah mengajari untuk berlemah lembut dalam dakwah, memudahkan dan jangan mempersulit. Kita memang diminta untuk berdakwah dan salah satu cara dakwah yang paling efektif adalah dengan memberi contoh ataunpun kata-kata yang santun dan penuh etika. Selain itu, hanya Allah yang bisa memberi hidayah entah melalui perantaraan komentar kita atau pun dengan cara lain yang Allah kehendaki.
  4. Terkadang miris dengan ungkapan jangan bawa-bawa agama. Prihatinnya lagi, kadang yang bilang gitu orang Islam. Duh gimana ya, soalnya dalam agama Islam semua harus bawa-bawa agama. Islam mengatur cara hidup manusia, mulai bangun tidur hingga tidur lagi. Islam juga mengajari bagaimana memisahkan hubungan dengan Allah juga dengan sesama manusia. Misalnya, dalam beribadah, kita tidak boleh ikut-ikutan peribadatan agama lain. Sedangkan dalam hal mu'amalah, hubungan antar manusia, boleh kok berhubungan dengan pemeluk agama lain seperti dalam hal berdagang, bisnis, bertetangga, berteman, dan hal-hal duniawi lainnya. Gimana dengan memilih pemimpin daerah/negara yang beda agama? Saya tidak bisa berkomentar karena bukan ahlinya. Istimewanya Islam adalah semua aturan dalam Al Quran dan Hadits selalu sama dari dulu hingga sekarang dan tidak bisa diubah-ubah. Itulah mengapa tentu saja selalu ada miskonsepsi dalam beberapa ayat Al Quran atau hadits sejak Rosul wafat dan untuk menafsirkannya tidak bisa sembarang orang. Butuh ilmu khusus, pengalaman, dan keimanan. Makanya, ketika ada perbedaan konsep antar umat Islam hendaknya saling menghormati saja sepanjang yang diyakini itu ada dalil pendukungnya.
  5. Komentar positif akan lebih baik dilontarkan dibanding negatif, entah dengan apapun bentuknya.
  6. Nah begitu cara berkomentar menurut saya. Semoga kita makin bijak dalam berpikir dan berkata. Meski akun kita anonim tentu Yang Di Atas bisa tahu kan? :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks MC Bahasa Inggris di Acara Kuliah Pakar (Stadium General)

Rabu kemarin aku diminta jadi MC di acara kuliah pakar dengan dua pembicara. Satu satunya pembicara dari Turki dan satunya lagi adalah dosen UNS sekaligus mahasiswa post-doc di Dortmund, Jerman. Acaranya alhamdulillah lancar meski didn't run smoothly. So, di sini aku akan share teks MC berbahasa inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.  Ladies and gentleman, may I have your attention please. Please have a seat because opening ceremony is about to begin. Assalamualaikum wr wb. Good Morning ladies and Gentleman, welcome to  2 nd Floor room, Graduate School, Universitas Sebelas Maret. We would like to express our sincere gratitude to 1.   Excellency The Head of Chemistry Graduate Program / Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, M.Si 2.   Honourable the speaker from Department of Chemical Engineering, Izmir Institute of Technology/ Prof. Selatahattin Yilmaz, welcome to Indonesia. 3. Honourable the speaker from Department of Chem

Cara Mengisi Formulir Visa Nasional (Residence Permit) Kedutaan Jerman

Hai travellers! Apply visa untuk pertama kali memang agak membingungkan. Tapi jangan takut, asalkan semua syarat sudah terpenuhi, proses pembuatan visa pasti jadi semakin mudah dan lancar. Formulir merupakan salah satu syarat pengajuan visa. Mau ga mau kita harus mengisinya kan? Kabar baiknya adalah formulir harus diisi dalam bahasa jerman! Saya sempet bingung karena ga bisa bahasa Jerman. Tapi Alhamdulillah, dengan segala macam upaya akhirnya sekarang saya sudah bisa mengisi formulir tsb dan akan share ke teman-teman yang membutuhkan. Pertama download dulu formulirnya di sini :  http://m.jakarta.diplo.de/contentblob/3453968/Daten/4808067/antrag_national.pdf Mengisi formulir boleh dengan cara diketik atau ditulis tangan. Setau saya warna tintanya juga bebas, boleh hitam atau biru. Eh, tapi jangan merah ya, aneh kayaknya haha. Yuk kita mulai mengisinya :)

Tahapan Rekrutmen Medical Delegate Trainee (MDT) PT Nestle Indonesia Oktober-November 2015

Karena banyak yang request, akhirya aku bikin edisi yang more detail.  Posisi MDT PT. Nestle Indonesia bisa didapatkan melalui rekrutmen kampus, jobfair, dan event pencarian kerja lainnya. Rekrutmen kampus mungkin salah satu yang berpeluang besar untuk kita, terutama fresh graduate. UNS Surakarta. Posisi yang ditawarkan adalah Medical Delegate Trainee (MDT). Saat aku mendaftar dulu, secara umum tahap seleksinya ada 7 : short interview, focus group discussion, in depth interview, join visit, final interview, medical check up, dan salary offering. Kalau dari rekrutmen kampus, biasanya kita diminta mengisi form online mengenai biodata kita. Kemudian, pada hari yang sudah ditentukan, kita diminta datang ke tempat seleksi. Pastikan pakai baju yang rapi dan bersepatu. Nestle akan  mengawali rekrutmen dengan memberikan presentasi mengenai introduction about perusahaan. Nestle bergerak di bidang nutrition, health, and wellness. Tagline nya adalah good food, good life. Selanjutnya masin