Langsung ke konten utama

Months are short

Sore ini aku nangis sesenggukan di kamar mandi sambil gosok gigi. Padahal tadi siang lagi seneng-senengnya nyicil perlengkapan MPASI buat Kautsar. Tapi sebenernya itu juga yang tiba-tiba bikin aku sedih.

Aku inget dulu waktu Kautsar baru lahir. Badannya kecil, kulitnya lunak, aku sampe takut mau nggendong. Aku belum lancar juga nyusuinnya huhuhu. Aku belum bisa mandiin. Tiap Kautsar nangis, ada rasa takut kalo aku gak bisa nenangin dia. Dan jujur waktu itu emang belum bisa. Di tiap waktuku, aku selalu berdoa, agar kelak dekapanku bisa memberikan kehangatan juga ketenangan. 

Tapi hari demi hari berlalu. Usahaku belum juga berhasil. Awal-awal lahir, Kautsar masih sering bobok. Aku seneng. Meski susah sih banguninnya buat mimik, tapi aku masih ngeri kalo Kautsar bangun tidur trus nangis. Suaranya keras melengking bikin pusing. Waktu itu Kautsar juga belum bisa dbf (direct breastfeeding). Jadi aku rutin jadi mama eping. Kadang aku sedih, kenapa anakku kalo nangis malah bisa tenang dengan dot, bukan dengan ibunya. Walaupun kayak gitu, tiap hari tetep kuajarin Kautsar dbf. Mulai dari sehari dua kali sampe sehari berkali-kali. Susah banget sampe keringetan. Gak jarang kautsar malah jadi nangis. Kayaknya selalu sih hehe. Aku juga pernah nangis saking capeklnya hati dan fisik. Tapi ibuibu harus hepi supaya ASInya gak seret :)

Waktu Kautsar umur 20 hari, aku udah berani ambil semua peran untuk ngurusin dia.
Masuk usia 2 bulan, Kautsar udah bisa senyum-senyum. Seneng banget lihat dia kayak ngerespon kata-kataku. Di usia itu, aku juga mulai fokus baca tentang tummy time. Terlambat sih sebenernya, tummy time boleh dimulai sejak lahir. Tapi dulu aku masih takut-takut, apalagi Kautsar kecil. BBLnya 2,8 kg. Lama-lama aku mikir, sayang sama Kautsar bukan berarti aku harus ngasihani dia terus. Justru kasihan kan kalo gak dilatih dari sekarang. 

Mulai 2,5 bulan, aku nyobain Kautsar untuk tummy time. Berat banget kayaknya dia ngangkat kepala hihu. Kautsar baru bisa ngangkat kepala dikit aja. Itupun langsung jatuh lagi. Orang-orang rumah dan tetangga yang ngeliat itu kayak masih asing dengan tummy time. Ngerasa aku "tega" banget sama bayi yang belum kuat. Akhirnya, aku sembunyi-sembunyi buat ngajarin Kautsar tengkurep dan gak setiap hari. Tapi the best partnya adalah di usia ini juga Kautsar mulai lancar dbf, alhamdulillah. Bye bye pump :)

Usia tiga bulan, sosialnya Kautsar mulai kebentuk. Dia udah senyum-senyum ke orang-orang yang dia kenal. Kayaknya sih penglihatannya udah makin jelas sedikit demi sedikit dan bisa bedain warna. Kubeliin dia playgym, dan dia seneng banget mainnya. Kautsar juga udah makin bisa ngangkat kepala dan mainin kaki. Tapi karena Kautsar belum mau miring-miring atau tengkurep mandiri, akhirnya kutebalkan kuping dari pendapat orang lain hihi dan makin kurajinin tummy time secara terang-terangan. Alhamdulillah ibuku juga dukung dan sering bantu buat nengkurepin. 

Usia 3 bulan 23 hari, tiba-tiba Kautsar bisa miring waktu bobok terlentang. Aku kaget campur seneng. Selang 3 hari, Kautsar udah bisa tengkurep sendiri. Alhamdulillah. Tapi satu tangannya kadang masih ketimpah wkwk. 

Sejak saat itu, perkembangan motorik, kognitif dan sosialnya Kautsar makin pesat. Dia udah bisa banget diajak bercanda. Kepalanya udah bisa ngangkat tinggi dan tengkurep lebih lama. Waktu tidurnya juga sudah bagus. Udah jarang nangis dan minta digendong kalo bobok. Plus dia mulai menolak dot yang membuat Kautsar susah dititipin ke oma atau bibinya. 

Usia 4 bulan 1 minggu, makin lancarlah si bujang ini tengkurep. Bangun tidurpun tau-tau tengkurep. Maasyaa Allaah anakku :) Dia makin pinter nggenggam mainan, angkat kaki tinggi, ketawa ngakak, tidur banyak gaya dan mulai ngangkat dada waktu tengkurep. Sekarang di usia 4 bulan 22 hari, Kautsar sungguh sudah jadi laki-laki kecil yang aktif, murah senyum, dan menyenangkan. Makasih ya nak.

Enggak kerasa, bulan depan Kautsar udah MPASI. Months are short. Andai waktu berhenti sejenak. Gak pingin Kautsar cepet jadi orang dewasa.

Kautsar, kalo besok Kautsar udah besar dan baca blog ummi. Kautsar harus tau, ummi sayang sekali sama Kautsar. Makasih ya sudah memudahkan ummi dari hamil sampe sekarang. Makasih ya sudah jadi bayi yang baik dan menyenangkan, semoga sampai besar nanti ya nak. Ummi emang tidak sempurna, tapi makasih ya sudah jadi anak ummi :)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks MC Bahasa Inggris di Acara Kuliah Pakar (Stadium General)

Rabu kemarin aku diminta jadi MC di acara kuliah pakar dengan dua pembicara. Satu satunya pembicara dari Turki dan satunya lagi adalah dosen UNS sekaligus mahasiswa post-doc di Dortmund, Jerman. Acaranya alhamdulillah lancar meski didn't run smoothly. So, di sini aku akan share teks MC berbahasa inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.  Ladies and gentleman, may I have your attention please. Please have a seat because opening ceremony is about to begin. Assalamualaikum wr wb. Good Morning ladies and Gentleman, welcome to  2 nd Floor room, Graduate School, Universitas Sebelas Maret. We would like to express our sincere gratitude to 1.   Excellency The Head of Chemistry Graduate Program / Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, M.Si 2.   Honourable the speaker from Department of Chemical Engineering, Izmir Institute of Technology/ Prof. Selatahattin Yilmaz, welcome to Indonesia. 3. Honourable the speaker from Department of Chem

Cara Mengisi Formulir Visa Nasional (Residence Permit) Kedutaan Jerman

Hai travellers! Apply visa untuk pertama kali memang agak membingungkan. Tapi jangan takut, asalkan semua syarat sudah terpenuhi, proses pembuatan visa pasti jadi semakin mudah dan lancar. Formulir merupakan salah satu syarat pengajuan visa. Mau ga mau kita harus mengisinya kan? Kabar baiknya adalah formulir harus diisi dalam bahasa jerman! Saya sempet bingung karena ga bisa bahasa Jerman. Tapi Alhamdulillah, dengan segala macam upaya akhirnya sekarang saya sudah bisa mengisi formulir tsb dan akan share ke teman-teman yang membutuhkan. Pertama download dulu formulirnya di sini :  http://m.jakarta.diplo.de/contentblob/3453968/Daten/4808067/antrag_national.pdf Mengisi formulir boleh dengan cara diketik atau ditulis tangan. Setau saya warna tintanya juga bebas, boleh hitam atau biru. Eh, tapi jangan merah ya, aneh kayaknya haha. Yuk kita mulai mengisinya :)

Tahapan Rekrutmen Medical Delegate Trainee (MDT) PT Nestle Indonesia Oktober-November 2015

Karena banyak yang request, akhirya aku bikin edisi yang more detail.  Posisi MDT PT. Nestle Indonesia bisa didapatkan melalui rekrutmen kampus, jobfair, dan event pencarian kerja lainnya. Rekrutmen kampus mungkin salah satu yang berpeluang besar untuk kita, terutama fresh graduate. UNS Surakarta. Posisi yang ditawarkan adalah Medical Delegate Trainee (MDT). Saat aku mendaftar dulu, secara umum tahap seleksinya ada 7 : short interview, focus group discussion, in depth interview, join visit, final interview, medical check up, dan salary offering. Kalau dari rekrutmen kampus, biasanya kita diminta mengisi form online mengenai biodata kita. Kemudian, pada hari yang sudah ditentukan, kita diminta datang ke tempat seleksi. Pastikan pakai baju yang rapi dan bersepatu. Nestle akan  mengawali rekrutmen dengan memberikan presentasi mengenai introduction about perusahaan. Nestle bergerak di bidang nutrition, health, and wellness. Tagline nya adalah good food, good life. Selanjutnya masin