Langsung ke konten utama

Sebuah "Conflique"

Ada kalanya kehidupan rumah tangga tak semulus drama korea. Seperti hari itu. Siang hari yang panas dan sepi membuatku ingin sekali bersua. Detik demi detik terasa jutaan tahun cahaya yang tak ada habisnya. Aku ingin segera bertemu mas. Meski hanya lewat video call. Seperti biasanya. Tiap jam 'ku hujani ponselnya dengan pesanku. Memintanya pulang cepat dan menanyakan retorisme. Aku tahu aku sangat mengganggu. Tapi terkadang ada sebuah rasa yang melimpah ruah seperti air bah. Makin dibendung, makin kuatlah ia. Semakin besar juga energinya kemudian dia bisa tumpah dan semua jadi porak poranda. Aku tidak pandai menyembunyikan perasaan. Jika di luar sana banyak pria bingung dengan kode-kode wanitanya, maka akan lain jika dengan aku. Aku sangat terbuka dan jujur dengan keinginanku. Antara anugerah dan petaka bagi pria. Dan siang itu, aku merindu.

Setelah ratusan kata-kata 'ku kirim untuk mas, sore hari pun akhirnya tiba. Mas sepertinya banyak pekerjaan karena tidak segera meneleponku. Ternyata sore itu mas kerja lembur hingga malam. Egoku membuncah, membisiki ini dan itu. Kendati demikian, tetap kutunggu mas pulang dengan sabar. Sepulangnya dari kantor dan membersihkan diri, mas segera menelepon aku. Bagaikan kembang api di 1 Januari, 'ku sambut teleponnya dengan riang. Video call. Aku sudah bersiap menceritakan kisahku hari itu yang terangkum dalam tiga bab. Tapi aku salah, telepon mas malam itu bukan untuk aku. Maksudku, mas hanya memberi tahu bahwa malam itu dia akan sibuk karena masih membawa pekerjaan kantornya ke rumah. Terlihat dari kata-katanya bahwa dia ingin segera menyudahi pembicaraan kami yang baru 8 menit itu. Aku merajuk. Terus merajuk mengulur waktu. Aku masih ingin bersamanya. Hingga dengan datar mas berkata, "Dek, mas itu sibuk banget". Aku tersentak. Diam. Ada bulir-bulir bening yang hangat tiba-tiba turun ke pipi. Segera mas menghiburku dengan lembut. Aku tahu mas menyesal. 'Kusudahi saja percakapan kami. Selesai.

Aku tidak tahu mengapa aku jadi lebih mudah menangis jika dengan mas. Padahal aku tidak pernah dibentak atau dipukul. Rasanya rapuh padahal aku kuat. Benar kata Maroon 5.

Why does the one you love
Become the one who makes you want to cry

Setelahnya, mas mengirimiku banyak pesan. Mas meminta maaf atas semuanya tadi. Aku sudah mulai tenang dan aku merasa sepertinya aku yang salah hehe. Jika di luar sana banyak wanita yang gengsi untuk meminta maaf, maka aku bukanlah salah satunya. Lagi-lagi, benar-benar anugerah bagi pria kan hahaha. Dan beruntungnya, aku pun mendapat pasangan yang serupa. Yang mau sama-sama berkembang, mau sama-sama belajar dan memperbaiki diri.  Loving you, mas.
 
Satu hal yang harus disyukuri juga bahwa Allah sudah mendesain di setiap permasalahan pasti ada solusinya. Maka, segala sesuatu harus dibicarakan dengan pasangan. Lewat satu tahun pernikahanku, aku patut bersyukur karena permasalahan kami kira-kira hanya seperti tadi hehe. Kami pun sudah menarik kesimpulan bahwa akar permasalahannya biasanya adalah rindu. Ya sebenarnya hanya saling rindu, tapi masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan sehingga kemerungsung, capek sendiri, dan akhirnya jadi salah bicara. Maka saranku sebagai newbie, selalu diskusikan isi hati dengan pasangan. Tidak perlu gengsi. Dia itu teman hidup selamanya. Dan sebagai pengingat untukku juga : jika suasana hati sedang buruk, tidak perlu buru-buru menjawab pembicaraan. Tunggu dulu beberapa menit hingga hati mulai tenang, barulah bicara atau membalas pesan. Aku sudah beberapa kali mempraktikkan dan berhasil. Hal ini dapat menghindari penyesalan akibat kata-kata yang tidak terkontrol.

Lalu satu lagi, ini benar-benar pengingat untukku sendiri : jika pasangan sedang bicara maka diamlah. Dan sebaliknya. Ternyata Rosul pun sudah memberi contoh demikian. Dalam sebuah perdebatan, meskipun kita dalam posisi yang benar, sebaiknya menunggu dulu pasangan selesai bicara. Biarlah dia menyelesaikan hajatnya. Ketika sama-sama sudah tenang, barulah jelaskan dengan intonasi yang lembut. Maka dia akan mengerti. Pasangan = pair. Tidak perlu menang-menangan. Karena kemenangan sesungguhnya adalah saat kita mampu sama-sama teguh dan komitmen dalam cinta di antara badai dari luar dan dari dalam.

Semangat ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks MC Bahasa Inggris di Acara Kuliah Pakar (Stadium General)

Rabu kemarin aku diminta jadi MC di acara kuliah pakar dengan dua pembicara. Satu satunya pembicara dari Turki dan satunya lagi adalah dosen UNS sekaligus mahasiswa post-doc di Dortmund, Jerman. Acaranya alhamdulillah lancar meski didn't run smoothly. So, di sini aku akan share teks MC berbahasa inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.  Ladies and gentleman, may I have your attention please. Please have a seat because opening ceremony is about to begin. Assalamualaikum wr wb. Good Morning ladies and Gentleman, welcome to  2 nd Floor room, Graduate School, Universitas Sebelas Maret. We would like to express our sincere gratitude to 1.   Excellency The Head of Chemistry Graduate Program / Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, M.Si 2.   Honourable the speaker from Department of Chemical Engineering, Izmir Institute of Technology/ Prof. Selatahattin Yilmaz, welcome to Indonesia. 3. Honourable the speaker from Department of Chem

Tahapan Rekrutmen Medical Delegate Trainee (MDT) PT Nestle Indonesia Oktober-November 2015

Karena banyak yang request, akhirya aku bikin edisi yang more detail.  Posisi MDT PT. Nestle Indonesia bisa didapatkan melalui rekrutmen kampus, jobfair, dan event pencarian kerja lainnya. Rekrutmen kampus mungkin salah satu yang berpeluang besar untuk kita, terutama fresh graduate. UNS Surakarta. Posisi yang ditawarkan adalah Medical Delegate Trainee (MDT). Saat aku mendaftar dulu, secara umum tahap seleksinya ada 7 : short interview, focus group discussion, in depth interview, join visit, final interview, medical check up, dan salary offering. Kalau dari rekrutmen kampus, biasanya kita diminta mengisi form online mengenai biodata kita. Kemudian, pada hari yang sudah ditentukan, kita diminta datang ke tempat seleksi. Pastikan pakai baju yang rapi dan bersepatu. Nestle akan  mengawali rekrutmen dengan memberikan presentasi mengenai introduction about perusahaan. Nestle bergerak di bidang nutrition, health, and wellness. Tagline nya adalah good food, good life. Selanjutnya masin

Cara Mengisi Formulir Visa Nasional (Residence Permit) Kedutaan Jerman

Hai travellers! Apply visa untuk pertama kali memang agak membingungkan. Tapi jangan takut, asalkan semua syarat sudah terpenuhi, proses pembuatan visa pasti jadi semakin mudah dan lancar. Formulir merupakan salah satu syarat pengajuan visa. Mau ga mau kita harus mengisinya kan? Kabar baiknya adalah formulir harus diisi dalam bahasa jerman! Saya sempet bingung karena ga bisa bahasa Jerman. Tapi Alhamdulillah, dengan segala macam upaya akhirnya sekarang saya sudah bisa mengisi formulir tsb dan akan share ke teman-teman yang membutuhkan. Pertama download dulu formulirnya di sini :  http://m.jakarta.diplo.de/contentblob/3453968/Daten/4808067/antrag_national.pdf Mengisi formulir boleh dengan cara diketik atau ditulis tangan. Setau saya warna tintanya juga bebas, boleh hitam atau biru. Eh, tapi jangan merah ya, aneh kayaknya haha. Yuk kita mulai mengisinya :)