Langsung ke konten utama

Arti Latsar untuk ibu-ibu (2)

Sebelum Latsar dimulai sebenarnya aku sudah "kena mental". Cerita angkatan-angkatan sebelumnya seperti momok yang selalu mengiringi penantianku. Tapi setelah aku sendiri menjalaninya, ternyata tidak seseram itu.

Tahap demi tahap aku lalui. Mulai dari MOOC dan ujiannya. Lalu zoom-zooman dengan couch, mengerjakan tugas-tugas dan mulai menyusun rencana aktualisasi. Semua itu berjalan begitu saja dengan santainya. Sibuk memang, tapi tidak sesibuk yang ada di pikiranku masa dulu -kukira sampai tidak sempat bernafas lega.

Di masa latsar itu, ternyata aku masih bisa membuat cireng. Masih sempat menonton series netflix bahkan beres-beres dan mengungsi 1 malam karena rumahku pernah kebanjiran. Saat masa latsar itu juga aku baru menerima mbak baru untuk si ucay. Rasanya sudah pasrah Lillahi ta'alaa. Sudah tidak tahu apakah harus percaya ke pada si mbak ini atau tidak. Apakah mbak ini akan betah atau tidak. Apakah rajin, jujur dan berniat lurus bekerja. Entahlah. Saat itu yang terpenting, kami punya ART dulu, setidaknya bisa bergantian untuk menjaga Kautsar saat aku mengajar. 

Hingga massa klasikal tiba, ternyata semua berjalan dengan sangat baik.. Aku memesan satu kamar khusus di asrama untukku, anakku, dan pengasuhnya. Alhamdulillah aku ada di angkatan terakhir sehingga masih banyak kamar yang kosong. Aku juga memesan catering secara mandiri untuk Ucay dan si mbak. Ucay sungguh good boy.  Sehari dua hari hingga selesai latsar, dia sungguh tenang dan penurut. Dia suka main-main di dalam kamar asrama dan menonton tv (aku bolehkan khusus saat itu karena dia tidak kuijinkan keluar kamar tanpa aku). Suamiku pun sering datang ke asrama, membawa barang-barang yang kuperlukan, main sama ucay dan juga mengambil pakaian kotor kami. 

Bagi ibu-ibu, tentu Latsar memberikan arti yang sangat besar. Bukan cuma tentang lulus atau tidak tapi juga mengkondisikan diri dan keluarga tercinta dalam menjalani berbagai kesibukan yang penting ini. Aku sangat mengapresiasi teman-teman seangkatanku yang rela berpisah sementara dengan keluarganya demi menyelesaikan Latsar. Segala pengorbanan kita, alhamdulillah, diganjar dengan kelulusan 100%. Aku sangat bersyukur pada Allah atas kemudahan-kemudahan ini. Aku juga berterima kasih kepada my boys (mas dan Ucay) yang sudah mensupport aku dengan sangat besar dan jadi sumber kekuatan terbesarku. Saatnya untuk cerita baru lagi di kehidupan kami :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks MC Bahasa Inggris di Acara Kuliah Pakar (Stadium General)

Rabu kemarin aku diminta jadi MC di acara kuliah pakar dengan dua pembicara. Satu satunya pembicara dari Turki dan satunya lagi adalah dosen UNS sekaligus mahasiswa post-doc di Dortmund, Jerman. Acaranya alhamdulillah lancar meski didn't run smoothly. So, di sini aku akan share teks MC berbahasa inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.  Ladies and gentleman, may I have your attention please. Please have a seat because opening ceremony is about to begin. Assalamualaikum wr wb. Good Morning ladies and Gentleman, welcome to  2 nd Floor room, Graduate School, Universitas Sebelas Maret. We would like to express our sincere gratitude to 1.   Excellency The Head of Chemistry Graduate Program / Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, M.Si 2.   Honourable the speaker from Department of Chemical Engineering, Izmir Institute of Technology/ Prof. Selatahattin Yilmaz, welcome to Indonesia. 3. Honourable the speaker from Department of Chem

Tahapan Rekrutmen Medical Delegate Trainee (MDT) PT Nestle Indonesia Oktober-November 2015

Karena banyak yang request, akhirya aku bikin edisi yang more detail.  Posisi MDT PT. Nestle Indonesia bisa didapatkan melalui rekrutmen kampus, jobfair, dan event pencarian kerja lainnya. Rekrutmen kampus mungkin salah satu yang berpeluang besar untuk kita, terutama fresh graduate. UNS Surakarta. Posisi yang ditawarkan adalah Medical Delegate Trainee (MDT). Saat aku mendaftar dulu, secara umum tahap seleksinya ada 7 : short interview, focus group discussion, in depth interview, join visit, final interview, medical check up, dan salary offering. Kalau dari rekrutmen kampus, biasanya kita diminta mengisi form online mengenai biodata kita. Kemudian, pada hari yang sudah ditentukan, kita diminta datang ke tempat seleksi. Pastikan pakai baju yang rapi dan bersepatu. Nestle akan  mengawali rekrutmen dengan memberikan presentasi mengenai introduction about perusahaan. Nestle bergerak di bidang nutrition, health, and wellness. Tagline nya adalah good food, good life. Selanjutnya masin

Cara Mengisi Formulir Visa Nasional (Residence Permit) Kedutaan Jerman

Hai travellers! Apply visa untuk pertama kali memang agak membingungkan. Tapi jangan takut, asalkan semua syarat sudah terpenuhi, proses pembuatan visa pasti jadi semakin mudah dan lancar. Formulir merupakan salah satu syarat pengajuan visa. Mau ga mau kita harus mengisinya kan? Kabar baiknya adalah formulir harus diisi dalam bahasa jerman! Saya sempet bingung karena ga bisa bahasa Jerman. Tapi Alhamdulillah, dengan segala macam upaya akhirnya sekarang saya sudah bisa mengisi formulir tsb dan akan share ke teman-teman yang membutuhkan. Pertama download dulu formulirnya di sini :  http://m.jakarta.diplo.de/contentblob/3453968/Daten/4808067/antrag_national.pdf Mengisi formulir boleh dengan cara diketik atau ditulis tangan. Setau saya warna tintanya juga bebas, boleh hitam atau biru. Eh, tapi jangan merah ya, aneh kayaknya haha. Yuk kita mulai mengisinya :)