Langsung ke konten utama

Mbah utiku

Sejak punya anak, aku jadi lebih sering kepikiran alm. mbah uti (-dibaca mbautik hihi). Mbah bener-bener selalu muncul di puing-puing ingatan kebahagiaan masa kecilku.

Aku cucu pertama dan waktu itu cucunya baru dua, yang satu masih bayi. Makanya aku akrab sama mbah uti.

Waktu aku TK dan SD, tiap malem minggu aku selalu nginep di rumah mbah. Kebetulan rumahnya deket sama rumahku. Paling sekitar 15 menit. Kalo aku gak kesana, mbah selalu nelp minta aku kesana hehe. Tentu aku suka sekali nginep di rumah mbah uti. Kalo liburan panjang, aku bisa full nginep di sana. Aku bisa mencicipi masakannya yang enak dan sering diajak ke Chandra (toserba, swalayan)/ke pasar dibeliin jajan sama mainan. Urusan jajan, aku suka minum susu. Seringnya beli susu ind*milk coklat sama melon. Yaampun. Makanya sekarang kalo ke alfa indo trus liat indomilk rasa melon, ada sedikit perasaan hangat di dada :)

Mbah pinter banget jahit baju. Sering aku dibuatin baju lebaran. Bukan hanya satu tapi bisa sampai empat baju baru. Mbah suka buatin baju warna kuning sama merah. Katanya karena kulitku kuning, jadi cocok. Mbah juga pinter masak dan jago bikin kue. Warna kulit dan tipe rambutku memang nurun dari mbah, tapi urusan skill sama sekali gak ada yang nurun ke aku wkwk.

Mbah tau aku suka banget baca buku, jadi tiap mbah belanja ke Bandarlampung, aku selalu diajak terus ditinggal di gramedia sama om dan bibiku buat milih buku. Mbah selalu beliin buku pelajaran. Kalo aku kelas 3, aku udah dibeliin buku kelas 4, dst. Btw, mbah tau aku suka pelajaran bahasa inggris. Trus aku dibeliin kalkulator bahasa inggris (Alfalink). Waktu itu aku baru kelas empat SD dan itu harganya mahal. Jadilah aku anak SD gaul di jamannya. Selain beli buku pelajaran, biasanya aku beli komik sama kumpulan cerpen. Minat bacaku tinggi karena jaman dulu gak main gadget. Eh tapi btw, kelas 5 aku udah bisa internet dan sering ke warnet.  

Pulang dari gramed, seringnya kita mampir makan di pizza hut. Tempatnya nempel sama gramed. Berkali-kali kesana, aku selalu pesen minumnya milkshake stoberi. Kenapa ya dulu gak coba minuman lain. 

Tapi sungguh, aku baru kepikiran : buat orang yang udah tua dan bukan sarjana, mbah termasuk bener-bener open minded, mau maju dan berkembang jadi modern. Kalo gak, gak mungkin mau ikut makan pizza. Biasanya, orang bakal gak doyan makanan yang gak biasa di lidahnya. Mbah dari kampung di Bumiayu, cita rasa makanan bule tentu beda wkwk. Tapi mbah mau nyoba dan jadi doyan. Pernah juga nyoba bikin tapi gak mirip. Andaikan jaman dulu ada cookpad, pasti masakan mbah jadi makin aneh-aneh 😂

Terus waktu di rumah mbah, karena biasanya liburan, aku selalu mainan sepanjang waktu. Aku main sama anak-anak tetangga. Paling lari-lari, main pasir, main ingkling (engklek), itungan duduk, sama itungan sumput (hide and seek). Tetangga yang sebaya kebanyakan laki-laki. Aku dulu pernah mikir, kenapa ya aku gak jadi laki-laki aja. Pengen jadi laki-laki wkwk. Tapi gak lama, mbah punya tetangga yang punya anak cewek seumuran aku. Aku sering main ke rumahnya. Tiap main, aku disuguhi es dawet karena memang mereka jualan es dawet. Dulu aku gak suka dan gak pernah abis. Sekarang nyesel, itu kan enak dan seger banget.

Mainan yang keperempuanan seperti masak-masakan juga sering aku mainkan. Mbah selalu mendukung permainanku ini to the next level. Jadi mainan masak-masakanku dulu udah kayak mainan beneran. Terus bahan-bahannya juga disiapin. Pernah diajarin pura-puranya bikin pecel. Mbah ngambilin tanah diencerin buat jadi bumbu pecelnya. Sayur-sayurannya pake daun-daun yang ngambil di kebon depan rumah. Terus aku sering juga dibikinin boneka-bonekaan dari kain. Pokoknya urusan main sama anak kecil mbah ngeladenin banget 😂

Liat gambaran mbah itu beneran perempuan sejati. Pinter ngaji, pinter cari uang, pinter masak, bikin kue, jahit, dan sosialnya nomor satu. Kayaknya aku tuh gak ada apa-apanya 😂 

Mbah bilang selalu mendoakan aku agar kuat fisik dan mental. Bahkan waktu mbah memegang hajar aswad, doa itu juga muncul. Waktu itu aku masih SD. Aku belum paham makna doa itu. Aku tidak mengerti apa itu fisik dan mental wkwk. Tapi kini aku tahu. Karena sungguh, doa itu terkabul. Mbah juga salah satu orang yang concern dengan pendidikanku. Waktu mbah sakit, waktu aku umur 14 tahun, mbah pernah bilang," Syaima, jadi anak pinter ya. Sekolah terus. Jangan ngecewain mbah". Gak lama setelah itu mbah koma dan beberapa hari kemudian meninggal dunia. Allahumma firlaha warhamha.

Kadang bayangin, pengen mbah masih ada dan lihat aku udah punya Kautsar. Pasti mbah seneng banget. Aku berharap Kautsar punya masa kecil bahagia dan juga sepanjang masa yang menyenangkan. Semoga aku dan mas bisa memberikan kebahagiaan buat anak-anak kami, bisa terus memberi apa yang dia butuhkan dan menciptakan memori yang baik entah dari sisi mana saja.

Entahlah inti tulisan ini apa ya. Lagian itu cuma sekelumit kecil kisah hidupku, masih banyak sejarah yang belum tersurat. Ingin kutulis sedikit kayak gini, biar aku selalu ingat dan bersyukur atas diriku yang dulu, diriku yang sekarang dan diriku di masa depan. Sungguh Allah sudah memberikanku nikmat yang banyak sampe saat ini.

Mbah utiku, nanti kalau sudah waktunya, kita ketemu lagi ya. Ima udah gede, udah dewasa. Ima udah nurutin pesan terakhir mbah untuk sekolah terus dan sekarang jadi pendidik anak-anak sekolah tinggi :) Mudah-mudahan bisa segera lanjut lagi sekolahnya. Besok ima kenalin Mas Saif sama Kautsar ya mbah, juga anak-anak ima yang lain jika nanti ada hehe, sumber kebahagiaan ima sekarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks MC Bahasa Inggris di Acara Kuliah Pakar (Stadium General)

Rabu kemarin aku diminta jadi MC di acara kuliah pakar dengan dua pembicara. Satu satunya pembicara dari Turki dan satunya lagi adalah dosen UNS sekaligus mahasiswa post-doc di Dortmund, Jerman. Acaranya alhamdulillah lancar meski didn't run smoothly. So, di sini aku akan share teks MC berbahasa inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.  Ladies and gentleman, may I have your attention please. Please have a seat because opening ceremony is about to begin. Assalamualaikum wr wb. Good Morning ladies and Gentleman, welcome to  2 nd Floor room, Graduate School, Universitas Sebelas Maret. We would like to express our sincere gratitude to 1.   Excellency The Head of Chemistry Graduate Program / Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, M.Si 2.   Honourable the speaker from Department of Chemical Engineering, Izmir Institute of Technology/ Prof. Selatahattin Yilmaz, welcome to Indonesia. 3. Honourable the speaker from Department of Chem

Tahapan Rekrutmen Medical Delegate Trainee (MDT) PT Nestle Indonesia Oktober-November 2015

Karena banyak yang request, akhirya aku bikin edisi yang more detail.  Posisi MDT PT. Nestle Indonesia bisa didapatkan melalui rekrutmen kampus, jobfair, dan event pencarian kerja lainnya. Rekrutmen kampus mungkin salah satu yang berpeluang besar untuk kita, terutama fresh graduate. UNS Surakarta. Posisi yang ditawarkan adalah Medical Delegate Trainee (MDT). Saat aku mendaftar dulu, secara umum tahap seleksinya ada 7 : short interview, focus group discussion, in depth interview, join visit, final interview, medical check up, dan salary offering. Kalau dari rekrutmen kampus, biasanya kita diminta mengisi form online mengenai biodata kita. Kemudian, pada hari yang sudah ditentukan, kita diminta datang ke tempat seleksi. Pastikan pakai baju yang rapi dan bersepatu. Nestle akan  mengawali rekrutmen dengan memberikan presentasi mengenai introduction about perusahaan. Nestle bergerak di bidang nutrition, health, and wellness. Tagline nya adalah good food, good life. Selanjutnya masin

Cara Mengisi Formulir Visa Nasional (Residence Permit) Kedutaan Jerman

Hai travellers! Apply visa untuk pertama kali memang agak membingungkan. Tapi jangan takut, asalkan semua syarat sudah terpenuhi, proses pembuatan visa pasti jadi semakin mudah dan lancar. Formulir merupakan salah satu syarat pengajuan visa. Mau ga mau kita harus mengisinya kan? Kabar baiknya adalah formulir harus diisi dalam bahasa jerman! Saya sempet bingung karena ga bisa bahasa Jerman. Tapi Alhamdulillah, dengan segala macam upaya akhirnya sekarang saya sudah bisa mengisi formulir tsb dan akan share ke teman-teman yang membutuhkan. Pertama download dulu formulirnya di sini :  http://m.jakarta.diplo.de/contentblob/3453968/Daten/4808067/antrag_national.pdf Mengisi formulir boleh dengan cara diketik atau ditulis tangan. Setau saya warna tintanya juga bebas, boleh hitam atau biru. Eh, tapi jangan merah ya, aneh kayaknya haha. Yuk kita mulai mengisinya :)