Langsung ke konten utama

Terakhir Kali (Refleksi diri sebelum kehilangan)

Hasil gambar untuk lost someone 
Rasa kehilangan tidak pernah tercipta saat ia masih memiliki. Sama seperti alpanya kita atas kesangaran neraka saat belum mati, belum mengalami. Kita masih hidup semena-mena di dunia fana ini, berjalan dengan congkak kesana kemari. Toh belum mati, belum pasti juga masuk neraka. Sedangkan disebutkan bahwa orang-orang yang telah mencicipi neraka kelak akan berjibaku dengan penyesalan, minta dihidupkan kembali. Jadi, belum merasakan "sesuatu yang dianggap negatif" ternyata membuat kita  masih tenang-tenang saja.

Bahaya, belum ada "rasa kehilangan" ini membuat kita biasa aja. Artinya kita menganggap sesuatu itu memang seharusnya ada, tanpa memikirkan siapa yang memberi dan kenapa kita punya lalu bagaimana kalo kita tidak punya. Misalkan, kita memiliki dua tangan, dua kaki, satu hidung dan dua telinga. Setiap waktu ya memang seperti itu. Terus kenapa? Berbeda dengan orang yang sejak lahir tidak punya tangan. Ketika suatu hari ia bangun tidur dan tiba-tiba punya tangan, sempurna fisiknya, pasti dia punya perasaan yang berbeda. Ya, sangat bersyukur.

Hari ini aku belajar banyak. Aku merasa terlena saat seseorang selalu di sampingku, mendukung, menghibur, tanpa ada sedikitpun niat meninggalkanku. Aku merasa kurang mensyukuri simbiosis ini, padahal itulah membuatku kuat, membuatku semakin baik dan tenang menjalani hidup. Aku tidak pernah berpikir bagaimana jadinya aku jika ia tiba-tiba hilang. Maka saat kerikil datang, aku mulai goyang. Lisanku kemudian menghujamnya. Mudah sekali mencoba mengusirnya jauh dari hidupku. Aku merasa bisa kuat walaupun sendiri tak bersamanya. Luapan emosi seperti air bah. Saat itu rasa syukurku sembungi di balik keberadaannya. Aku masih tenang karena belum merasakan hidup tanpa dia. Padahal jika itu terjadi, mungkin itulah yang menenggelamkanku dalam lautan penyesalan.

Tentu aku tak mau semua jadi nyata. Aku ingat-ingat lagi bagaimana senyumnya, bagaimana lembut dan sabarnya ia memperlakukanku. Pun saat aku mengusahakan sesuatu, dukungannya selalu menjadi tiang di antara kelunglaianku, saat aku tanpa sadar membahayakan diriku sendiri, dengan tegas dia menjagaku. Aku tersadar. Aku tak mau kehilangan dia. Aku bersyukur atas kebersamaan ini. Aku juga bersyukur aku telah tersadar dengan cepat sebelum semua terlambat. Aku akan menjaganya, persis seperti dia menjagaku selalu bersamanya. Aku akan merawat pemberian-Nya ini yang memang aku yakin diciptakan untukku. Kini aku selalu berusaha, kemarin itu adalah terakhir kali membela emosi. Karena yang benar-benar aku inginkan ternyata hanya sederhana : tertawa bersamanya, sejak pagi membuka mata hingga malam semakin redup. Aku tahu benar, resiko memiliki adalah kehilangan. Suatu saat nanti aku akan kehilangannya atau mungkin dia kehilanganku (dan yang terbaik adalah kami hilang bersama-sama). Namun, kehilangan itu akan aku iringi pula dengan perasaan bersyukur karena kami saling memiliki dan akan terus begitu.

Pic source:
http://pinsoflight.net/wp-content/uploads/2016/09/540_293_resize_20130501_c11c2bd27e994992555c79600258b111_jpg.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks MC Bahasa Inggris di Acara Kuliah Pakar (Stadium General)

Rabu kemarin aku diminta jadi MC di acara kuliah pakar dengan dua pembicara. Satu satunya pembicara dari Turki dan satunya lagi adalah dosen UNS sekaligus mahasiswa post-doc di Dortmund, Jerman. Acaranya alhamdulillah lancar meski didn't run smoothly. So, di sini aku akan share teks MC berbahasa inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.  Ladies and gentleman, may I have your attention please. Please have a seat because opening ceremony is about to begin. Assalamualaikum wr wb. Good Morning ladies and Gentleman, welcome to  2 nd Floor room, Graduate School, Universitas Sebelas Maret. We would like to express our sincere gratitude to 1.   Excellency The Head of Chemistry Graduate Program / Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, M.Si 2.   Honourable the speaker from Department of Chemical Engineering, Izmir Institute of Technology/ Prof. Selatahattin Yilmaz, welcome to Indonesia. 3. Honourable the speaker from Department of Chem

Tahapan Rekrutmen Medical Delegate Trainee (MDT) PT Nestle Indonesia Oktober-November 2015

Karena banyak yang request, akhirya aku bikin edisi yang more detail.  Posisi MDT PT. Nestle Indonesia bisa didapatkan melalui rekrutmen kampus, jobfair, dan event pencarian kerja lainnya. Rekrutmen kampus mungkin salah satu yang berpeluang besar untuk kita, terutama fresh graduate. UNS Surakarta. Posisi yang ditawarkan adalah Medical Delegate Trainee (MDT). Saat aku mendaftar dulu, secara umum tahap seleksinya ada 7 : short interview, focus group discussion, in depth interview, join visit, final interview, medical check up, dan salary offering. Kalau dari rekrutmen kampus, biasanya kita diminta mengisi form online mengenai biodata kita. Kemudian, pada hari yang sudah ditentukan, kita diminta datang ke tempat seleksi. Pastikan pakai baju yang rapi dan bersepatu. Nestle akan  mengawali rekrutmen dengan memberikan presentasi mengenai introduction about perusahaan. Nestle bergerak di bidang nutrition, health, and wellness. Tagline nya adalah good food, good life. Selanjutnya masin

Cara Mengisi Formulir Visa Nasional (Residence Permit) Kedutaan Jerman

Hai travellers! Apply visa untuk pertama kali memang agak membingungkan. Tapi jangan takut, asalkan semua syarat sudah terpenuhi, proses pembuatan visa pasti jadi semakin mudah dan lancar. Formulir merupakan salah satu syarat pengajuan visa. Mau ga mau kita harus mengisinya kan? Kabar baiknya adalah formulir harus diisi dalam bahasa jerman! Saya sempet bingung karena ga bisa bahasa Jerman. Tapi Alhamdulillah, dengan segala macam upaya akhirnya sekarang saya sudah bisa mengisi formulir tsb dan akan share ke teman-teman yang membutuhkan. Pertama download dulu formulirnya di sini :  http://m.jakarta.diplo.de/contentblob/3453968/Daten/4808067/antrag_national.pdf Mengisi formulir boleh dengan cara diketik atau ditulis tangan. Setau saya warna tintanya juga bebas, boleh hitam atau biru. Eh, tapi jangan merah ya, aneh kayaknya haha. Yuk kita mulai mengisinya :)