Langsung ke konten utama

Saya sebagai Penjaja Ilmu Amatiran :P

Jadi guru privat memang salah satu alternatif untuk berlatih hidup mandiri bagi mahasiswa. Selain waktu kerjanya yang fleksibel, dunia privat tidak terlalu melenceng dari bidang yang sedang kutekuni saat ini. Ya, bidang pendidikan. Walaupun bukan dari FKIP, kita semua bisa mengajar privat. Banyak lembaga-lembaga privat yang menyediakan lowongan kerja bagi para mahasiswa jurusan apa pun.

Nah, sekarang aku mau cerita ni tentang jadi guru privat. Kebetulan dari semester satu aku udah ngajar privat kimia untuk kelas X  SMA. Tapi cuma beberapa bulan karena di sekolahnya udah diadakan les wajib. Yaaah, sedih ya.. kasian banget aku dicampakan. :'(
Tapi gapapa gan. Semangat..! Lagian kalo gak ngajar jadi gak capek. walapun gak dapet duit sich. Duit bisa dateng dari mana aja, termasuk nemu! Haha.. eits!

Kembali ke jalan yang benar. Alhmdulillah semester 2 ini ada tawaran lagi. Ngajar anak SMP. SMP? Ok, pasti pelajarannya lebih mudah. Eh, tapi ngajar fisika sama matematika. Fisika?? Ya Allah, bukan bidangku bangeet. Lagian aku gak bisa fisika :( 
Kalo matematika ya bisa sedikit belajar, nginget2 lagi. Tapi kalo fisika? Mau diinget-inget sampe keringetan juga kagak bakal inget ni. Dulu juga gak inget, masa sekarang tau2 inget. hahaa. Tapi aku terima juga tawaran itu. Itung2 bisa 'bernostalgia' sama fisika. Kan kebetulan aku ada mata kuliah fisika dasar juga. Yaudah, sebulan ini aku menjadi pengajar privat. Berangkat jam 4 sore selesai jam setengah 6. Alhamdulillah fine2 aja, dan materinya masih bisa dijangkau oleh otak saya yang pas-pasan.

Fine-fine aja gak berarti gak ada cerita unik lho..
Banyak!

Ketika kita belum sampai ke rumah si murid dan bensin motor kita habis. Ya, bayangin aja deh. 1 2 3 silakan. 

Si murid kadang nakal. Gak mau belajar. Dan yang paling parah disela-sela saya menjelaskan eh, dia minta alamat Fb --"
Trus setiap jam, menit, dan detik dia ngeliatin jam dinding. Apa udah gak betah ya ngeliat muka saya... Haha. Pengenny siy, jamnya saya kalungin biar dia fokus di saya terus.Tapi ya sudahlaah..
Kalo disana ada adek si murid yang masih kecil, waah, asiiik tuh kadang diajak maen barbie. Kadang pinjem hape dan minta nonton tipi pake hape saya (kan hape saya ada tipinya). Kadang juga adeknya lari-lari. Sebenernya seneng sich main sama anak kecil. Tapi saya dibayar bukan untuk itu. hehe. Kalo mau main sama kecil, besok nyari lowongan babby sitter aja deh.. ^^v
Kadang saya merasa disana saya adalah tersangka sehingga diinterogasi oleh keluarganya.  Saya ditanya2 dari A sampe Z. Mulai dari nama lengkap, nama panggilan, alamat rumah, alamat kos, jurusan, jalur masuk SNMPTN, tips dan trik lulus SNMPTN undangan, asal sekolah, bahkan prestasi, dan pekerjaan orang tua. Kok gak tanya sekalian apa makanan favorit nenek saya atau tanya kapan pertama kali bisa ngidupin kompor gas? -,-a

Ketika sedang mengajar ibu si murid biasanya menyuguhi makanan ringan dan minuman dingin. Wah asiik kan! Lumayan lho, anak kost. Makan dua toples insya Allah sudah kenyang. Tapi besok-besok gak berani ngajar lagi karena malu.. haha

Ketika kita mau pulang dan hujan. Waah, sesuatu banget! Rasanya canggung kalo pulang menunggu hujan berhenti. Apalagi menjelang maghrib. Rasanya ingin cepet-cepet sampe kost. Jdi, mau gak mau nekat deh. Jadi kayak adegan film india yang nari2 di bawah hujan. Dan saat itu rasanya kita benar - benar guru sejati. Mengajar dan pulang dengan wibawa. Walau halangan, rintangan, menerjang, tak jadimasalah dan takkan jadi beban pikiran. ^^

Ya begitulah, ceritanya. Saya tidak menyebutnya suka duka karena memang saya sukaaaa terus  dan tidak merasa berduka. Ketika segalanya dilihat dengan hati maka segalanya akan indah, kawan.

It's not what you see,
It's how yoo look at it...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks MC Bahasa Inggris di Acara Kuliah Pakar (Stadium General)

Rabu kemarin aku diminta jadi MC di acara kuliah pakar dengan dua pembicara. Satu satunya pembicara dari Turki dan satunya lagi adalah dosen UNS sekaligus mahasiswa post-doc di Dortmund, Jerman. Acaranya alhamdulillah lancar meski didn't run smoothly. So, di sini aku akan share teks MC berbahasa inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.  Ladies and gentleman, may I have your attention please. Please have a seat because opening ceremony is about to begin. Assalamualaikum wr wb. Good Morning ladies and Gentleman, welcome to  2 nd Floor room, Graduate School, Universitas Sebelas Maret. We would like to express our sincere gratitude to 1.   Excellency The Head of Chemistry Graduate Program / Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, M.Si 2.   Honourable the speaker from Department of Chemical Engineering, Izmir Institute of Technology/ Prof. Selatahattin Yilmaz, welcome to Indonesia. 3. Honourable the speaker from Department of Chem

Cara Mengisi Formulir Visa Nasional (Residence Permit) Kedutaan Jerman

Hai travellers! Apply visa untuk pertama kali memang agak membingungkan. Tapi jangan takut, asalkan semua syarat sudah terpenuhi, proses pembuatan visa pasti jadi semakin mudah dan lancar. Formulir merupakan salah satu syarat pengajuan visa. Mau ga mau kita harus mengisinya kan? Kabar baiknya adalah formulir harus diisi dalam bahasa jerman! Saya sempet bingung karena ga bisa bahasa Jerman. Tapi Alhamdulillah, dengan segala macam upaya akhirnya sekarang saya sudah bisa mengisi formulir tsb dan akan share ke teman-teman yang membutuhkan. Pertama download dulu formulirnya di sini :  http://m.jakarta.diplo.de/contentblob/3453968/Daten/4808067/antrag_national.pdf Mengisi formulir boleh dengan cara diketik atau ditulis tangan. Setau saya warna tintanya juga bebas, boleh hitam atau biru. Eh, tapi jangan merah ya, aneh kayaknya haha. Yuk kita mulai mengisinya :)

Tahapan Rekrutmen Medical Delegate Trainee (MDT) PT Nestle Indonesia Oktober-November 2015

Karena banyak yang request, akhirya aku bikin edisi yang more detail.  Posisi MDT PT. Nestle Indonesia bisa didapatkan melalui rekrutmen kampus, jobfair, dan event pencarian kerja lainnya. Rekrutmen kampus mungkin salah satu yang berpeluang besar untuk kita, terutama fresh graduate. UNS Surakarta. Posisi yang ditawarkan adalah Medical Delegate Trainee (MDT). Saat aku mendaftar dulu, secara umum tahap seleksinya ada 7 : short interview, focus group discussion, in depth interview, join visit, final interview, medical check up, dan salary offering. Kalau dari rekrutmen kampus, biasanya kita diminta mengisi form online mengenai biodata kita. Kemudian, pada hari yang sudah ditentukan, kita diminta datang ke tempat seleksi. Pastikan pakai baju yang rapi dan bersepatu. Nestle akan  mengawali rekrutmen dengan memberikan presentasi mengenai introduction about perusahaan. Nestle bergerak di bidang nutrition, health, and wellness. Tagline nya adalah good food, good life. Selanjutnya masin