Langsung ke konten utama

Asal-usul Tari Barong



Secara etimologi, kata barong diduga berasal dari kata bahrwang atau diartikan beruang, seekor binatang mythologyyang mempunyai kekuatan gaib, dianggap sebagai pelindung. Dari beberapa sumber, ada yang mengatakan tari ini aslinya berasal dari negeri Tirai Bambu, Cinakarena menyerupai tarian Barongsai. Tetapi yang membedakan antara Barongsai dan Barong adalah tariannya sarat akan nilai cerita dan juga diselingin lelucon segar.
Tarian ini menggambarkan pertarungan antara kebajikan (dharma) dan kebatilan (adharma). Wujud kebajikan dilakonkan oleh Barong, yaitu penari dengan kostum binatang berkaki empat, yang ditarikan oleh dua orang penari laki-laki. Sementara wujud kebatilan dimainkan oleh Rangda, yaitu sosok yang menyeramkan dengan dua taring runcing di mulutnya.
Riwayat Barong di Bali terpilah dalam dua alur. Alur pertama adalah barong diyakini sebagai kesenian yang sudah ada sejak kebudayaan Austronesia di Indonesia, ini merujuk dari cara pandang antropologi, sebab di desa trunyan sejak ada barong brutuk yang bagi masyarakat Trunyan itu disakralkan, Trunyan adalah desa Baliaga, desa kuna dan barong ini bertopeng pra hindu dengan berbusana dari daun-daun pisang kering. Cerita yang dimainkan adalah kisah Bhatara Pancering Jagat atau Batara Da Tont1a dengan istrinya Ratu Ayu Pingit Dalem Dasar yang berkisah tentang kesuburan. Masih sealur adalah riwayat Barong Landung, yang juga disakralkan, yang ditarikan pada upacara tertentu, yang lelaki disebut dengan Jero Gede dan perempuan di Jro Luh; jika menyusuri desa Batur maka akan bertemu dengan satu Pura yang namanya Dalem Balingkang, yang dalam Lontar Usana Bali disebut keberadaannya, sampai kini disekitar Kintamani ada keturunan masyarakat cina, yang konon dulu menjadi pengiring sang putri cina dan memuja pratima suami-istri itu dengan sebutan Chungkang,dst. Alur yang kedua, adalah barong ket yang kini hampir seluruh masyarakat dunia mengenalinya sebagai trade marknya bali. Barong ket atau ketet, diduga dalam desainnya mendapat pengaruh Cina ini juga mengingat adanya ornamen dalam ukiran bali yang menggunakan Barong Sae dan Burung Phoenix (Patra Cina), kisarannya waktu adalah di tahun 1225 Masehi mulainya munculnya keterpengaruhan itu.
Namun dalam itihasa bali, cerita suci, bukan dongeng; adanya Barong, Rangda dan telek, ini terkait dengan kisah Siwa disaat mencari saktinya yakni Dewi Uma. Karena itu hampir seluruh desa di Bali, desa kuna dan madya memiliki barong yang disakralkan yang biasanya distanakan di Pura dalem, selalu berbarengan dengan Rangda dan telek plus dengan berbagai jenis topeng lainnya, simbol dari para apsara-apsari,dst. Kemudian dalam tradisi ruwatan, maka di setiap galungan dan kuningan banyak desa di Bali melaksanakan ngelawang, yakni barong ket berkeliling desa, namun ada juga tradisi ngelawang hanya dengan barong bangkal, dst. Tradisi ruwatan yang disakralkan yang melibatkan tari barong adalah ngurek, menusuk diri dengan keris sampai tahun 1936-an ngurek tidak hanya dilakukan oleh kaum lelaki namun juga perempuan. Namun harus diingat, barong profan, yang untuk turis tidak memainkan kisah seperti kisah dalam tari barong sakral. Untuk tourism yang dimainkan adalah kisah kuntisraya. Tidak akan ditemukan bagaimana wajah-wajah telek merah dan putih memperebutkan kuburan.
Awal mulanya barong hadir dalam seni pertunjukan, di luar kepentingan upacara dimulai abad 19, saat itu Raja kelungkung (Ida I Dewa Agung Sakti) menginginkan ada pertunjukan wayang wong yang berjumlah 36 orang, sebagian sebagai pasukan raja kera, sebagian sebagai pasukan rahwana. Topeng dikenakan dan busananya dari braksok, semacam serat. Pertunjukan ini kemudian sangat populer maka dikenallah dengan sebutan barong Kadingkling atau Blasblasan, yakni jika berkunjung ke desa, dipercaya akan memberi kesuburan pada pohon kelapa.
Barong yang berbentuk binatang mytologi ini banyak sekali macamnya, ada yang kepalanya berbentuk kepala singa, harimau, babi hutan jantan (bangkal), gajah, lembu atau keket. Keket oleh orang Bali dianggap sebagai raja hutan yang disebut pula dengan nama Banaspati Raja.
Tari barong yang biasa ditampilkan di Pulau Bali dapat dibagi dan dikelompokkan menjadi beberapa macam, antara lain :
a)      Barong ket ( ketet )
            Barong ini adalah yang paling banyak didapatkan di bali dan yang paling sering dipentaskan serta memiliki jenis perbendaharaan gerak tari yang lengkap. Barong ketet merupakan perpaduan antara singa, macan, sapi atau bona.
b)      Barong Bangkal
            Berarti babi besar yang berumur tua, barong ini menyerupai seekor bangkal biasa disebut barong celeng atau barong bangkung.
c)      Barong Asu
            Barong ini menyerupai anjing terutama topengnya, sangat dikeramatkan dan terdapat di pura puncak dawa Baturiti Tabanan.
d)     Barong Gajah
            Ini adalah barong yang menyerupai gajah, sangat dikeramatkan dan salah satu diantaranya terdapat di Desa Singapadu.
e)      Barong Macan
            Barong ini menyerupai seekor macan, dalam pementasannya ditarikan oleh dua orang penari.
f)       Barong Landung
            Barong ini berbeda dengan barong-barong yang telah disebutkan di atas. Barong Landung wujudnya bukan binatang melainkan manusia purba yang berkaki dua.
            Namun, di antara jenis-jenis Barong tersebut yang paling sering menjadi suguhan wisata adalah Barong Ket, atau Barong Keket yang memiliki kostum dan tarian cukup lengkap. Kostum Barong Ket umumnya menggambarkan perpaduan antara singa, harimau, dan lembu. Di badannya dihiasi dengan ornamen dari kulit, potongan-potongan kaca cermin, dan juga dilengkapi bulu-bulu dari serat daun pandan. Barong ini dimainkan oleh dua penari (juru saluk/juru bapang) : satu penari mengambil posisi di depan memainkan gerak kepala dan kaki depan Barong, sementara penari kedua berada di belakang memainkan kaki belakang dan ekor Barong.
            Secara sekilas, Barong Ket tidak jauh berbeda dengan Barongsai yang biasa dipertunjukkan oleh masyarakat Cina. Hanya saja, cerita yang dimainkan dalam pertunjukan ini berbeda, yaitu cerita pertarungan antara Barong dan Rangda yang dilengkapi dengan tokoh-tokoh lainnya, seperti Kera (sahabat Barong), Dewi Kunti, Sadewa (anak Dewi Kunti), serta para pengikut Rangda.
            Barong adalah karakter dalam mitologi Bali dan merupakan perwujudan raja dari roh-roh yang melambangkan kebajikan (dharma). Sedangkan lawannya adalah Rangda yang menggambarkan keburukan (adharma). Barong dalam mitologi Bali konon digerakkan oleh roh yang dikenal dengan nama Banas Pati Rajah, yaitu roh yang mendampingi seorang anak dalam hidupnya. Sebagai roh pelindung, Barong sering ditampilkan dalam wujud seekor singa. Setiap Barong dari yang mewakili daerah tertentu digambarkan sebagai hewan yang berbeda, seperti babi hutan, harimau, ular atau naga, dan singa. Bentuk Barong sebagai singa sangatlah populer dan berasal dari Gianyar. Dalam Calonarong atau tari-tarian Bali, Barong menggunakan ilmu gaibnya untuk mengalahkan Rangda.

Untuk menarikannya Barong ini diusung oleh dua orang penari yang disebut Juru Saluk / Juru Bapang, satu penari di bagian kepala dan yang lainnya di bagian pantat dan ekornya. Tari Barong Keket ini melukiskan tentang pertarungan kebajikan (dharma) dan keburukan (adharma) yang merupakan paduan yang selalu berlawanan (rwa bhineda), yang diiringi dengan gamelan Semar Pagulingan. Dari beberapa sumber (penjelasan dan uraian para tour guide lokal) ada yang mengatakan tari ini aslinya berasal dari negeri Tirai Bambu (Cina), karena menyerupai tarian Barongsai, walaupun ini juga masih banyak menimbulkan pro dan kontra. Tetapi yang pasti tarian ini sangat menarik (apalagi bila disaksikan secara live), karena sarat akan nilai cerita (pertentangan antara kebajikan dan keburukan yang tidak pernah berhenti) dengan disertai selingan lelucon segar.

Komentar

Anonymous mengatakan…
I happen to

be commenting to let you understand

what a excellent [url=http://www.tomscheapsale.com]toms shoes sale[/url]

experience my girl

obtained reading through your

webblog. She

figured out such a lot of things,[url=http://www.tomscheapsale.com]toms sale[/url]

toms on sale ,

which include how it is

like to have an incredible

teaching heart to have the others

without hassle

know precisely a number of

hard to do subject matter. You actually exceeded visitors' expectations. Thanks for imparting those

warm and helpful, trusted, edifying and also [url=http://www.tomscheapsale.com]toms shoes sale[/url]

toms shoes sale easy cheap toms shoes tips about this topic to Emily.

Postingan populer dari blog ini

Teks MC Bahasa Inggris di Acara Kuliah Pakar (Stadium General)

Rabu kemarin aku diminta jadi MC di acara kuliah pakar dengan dua pembicara. Satu satunya pembicara dari Turki dan satunya lagi adalah dosen UNS sekaligus mahasiswa post-doc di Dortmund, Jerman. Acaranya alhamdulillah lancar meski didn't run smoothly. So, di sini aku akan share teks MC berbahasa inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.  Ladies and gentleman, may I have your attention please. Please have a seat because opening ceremony is about to begin. Assalamualaikum wr wb. Good Morning ladies and Gentleman, welcome to  2 nd Floor room, Graduate School, Universitas Sebelas Maret. We would like to express our sincere gratitude to 1.   Excellency The Head of Chemistry Graduate Program / Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, M.Si 2.   Honourable the speaker from Department of Chemical Engineering, Izmir Institute of Technology/ Prof. Selatahattin Yilmaz, welcome to Indonesia. 3. Honourable the speaker from Department of Chem

Cara Mengisi Formulir Visa Nasional (Residence Permit) Kedutaan Jerman

Hai travellers! Apply visa untuk pertama kali memang agak membingungkan. Tapi jangan takut, asalkan semua syarat sudah terpenuhi, proses pembuatan visa pasti jadi semakin mudah dan lancar. Formulir merupakan salah satu syarat pengajuan visa. Mau ga mau kita harus mengisinya kan? Kabar baiknya adalah formulir harus diisi dalam bahasa jerman! Saya sempet bingung karena ga bisa bahasa Jerman. Tapi Alhamdulillah, dengan segala macam upaya akhirnya sekarang saya sudah bisa mengisi formulir tsb dan akan share ke teman-teman yang membutuhkan. Pertama download dulu formulirnya di sini :  http://m.jakarta.diplo.de/contentblob/3453968/Daten/4808067/antrag_national.pdf Mengisi formulir boleh dengan cara diketik atau ditulis tangan. Setau saya warna tintanya juga bebas, boleh hitam atau biru. Eh, tapi jangan merah ya, aneh kayaknya haha. Yuk kita mulai mengisinya :)

Tahapan Rekrutmen Medical Delegate Trainee (MDT) PT Nestle Indonesia Oktober-November 2015

Karena banyak yang request, akhirya aku bikin edisi yang more detail.  Posisi MDT PT. Nestle Indonesia bisa didapatkan melalui rekrutmen kampus, jobfair, dan event pencarian kerja lainnya. Rekrutmen kampus mungkin salah satu yang berpeluang besar untuk kita, terutama fresh graduate. UNS Surakarta. Posisi yang ditawarkan adalah Medical Delegate Trainee (MDT). Saat aku mendaftar dulu, secara umum tahap seleksinya ada 7 : short interview, focus group discussion, in depth interview, join visit, final interview, medical check up, dan salary offering. Kalau dari rekrutmen kampus, biasanya kita diminta mengisi form online mengenai biodata kita. Kemudian, pada hari yang sudah ditentukan, kita diminta datang ke tempat seleksi. Pastikan pakai baju yang rapi dan bersepatu. Nestle akan  mengawali rekrutmen dengan memberikan presentasi mengenai introduction about perusahaan. Nestle bergerak di bidang nutrition, health, and wellness. Tagline nya adalah good food, good life. Selanjutnya masin