Langsung ke konten utama

Cerita Senja di Bandara Jakarta

Seperti biasa, perpisahan menyisakan kekosongan mendalam di hati. Lubang itu menganga, lebar, melompong, tak tertutup sebelum diisi oleh temu-temu di hari selanjutnya. Dengan gontai, aku berjalan masuk ke bandara. Sendirian. Meski bandara selalu ramai tapi kita semua pasti tahu bahwa ramai atau sepi itu adanya di dalam jiwa. Kita bisa merasa kesepian di tengah pasar malam. Pun, kita bisa merasa tenang dalam dekapan Tuhan saat sholat malam di gulita yang mencekam. Itulah perasaan. Aneh. Seperti pagi itu, baru saja aku bertemu, belum ada satu jam berpisah tapi sudah merasa berwindu. Aneh.

Karena hidup harus terus berjalan, ku lanjutkan langkahku lebih dalam ke bandara. Kutunjukkan e-ticket-ku kepada petugas. Segera aku mengantri mesin x-ray. Sudah kulepas jaket dan jam tanganku. Masih dengan gontai. Sambil memikirkan apa yang kira-kira sedang mas lakukan sekarang. Mungkin sedang menunggu penerbangan dengan teman-temannya. Beruntungnya mas karena pulang dan pergi beramai-ramai, tidak seperti aku. Setidaknya kesedihan bisa disembunyikan dalam tawa bersama yang lainnya. Dalam lamunanku ternyata aku terhenti di antrian cukup lama. Tanpa maju ataupun mundur. Kebetulan sepasang lansia di depanku cukup makan waktu. Mereka sedang menyiapkan barang-barangnya untuk dilewatkan ke mesin pemindai. Tidak mengapa. Aku sedang merenung dan tidak menunggu apapun. Tidak ada juga yang menungguku, berbeda saat berangkat dua hari yang lalu. Tapi sang nenek tersenyum padaku. "Duluan saja neng", katanya. Dia  sibuk melepaskan ikat pinggang dan jam tangan laki-laki tua di sebelahnya, aku rasa suaminya. Suaminya pun dengan perlahan menaikkan kopernya ke mesin. Meletakkan jaketnya dan tas istrinya. Gerakan keduanya memang sudah melemah dan tidak sigap. Tapi ada binar-binar di kedua matanya mereka. Menikmati setiap waktu dengan ceria. Entah kemana mereka akan pergi dari bandara ini. Tapi berdua, itulah kekuatan mereka di perjalanan. Saling membantu, saling mengandalkan saat masing-masing telah banyak kekurangan fisik. Hatiku tiba-tiba hangat.

Sampailah aku di ruang tunggu bandara yang sempit. Takjubnya lagi, banyak sekali toko-toko yang ada. Penerbanganku masih cukup lama. Makanan dan minuman pasti akan jadi teman setia. Aku menunggu dan menunggu sambil memperhatikan orang-orang di sekitar. Hingga akhirnya, tibalah saat aku harus boarding. Setengah berlari aku tiba di baris antrian yang mulai panjang. Sedikit demi sedikit aku mulai maju. Tapi aku tertarik dengan dua orang di sebelahku. Sepasang laki-laki dan perempuan. Usianya mungkin 60 tahun. Yang membuatku tertarik adalah mereka berdua sama-sama menggunakan sepatu sport. Sang nenek masih terlihat cantik dengan make-up dan rambut panjang sebahu, lengkap dengan kacamata hitam. Wajahnya bersungut-sungut, "Ini kenapa ga diurutkan sih antrinya?". Dia berbicara sendiri. Protes. Sang kakek yang berbaris di belakangnya tertawa. Dipegangnya pundak sang nenek, "Gapapa, nanti kita bisa lari cepet-cepetan masuk ke pesawat". Mendengar itu sang nenek langsung tersenyum. Ah, aku jadi teringat suamiku.

Saat di pesawat, aku duduk dekat jendela. Aku bersebelahan dengan wanita paruh baya. Dia terus mengirim pesan kepada seseorang. Tanpa sengaja aku membacanya karena memang kursi kami sangat berdekatan. "Pah, mamah sudah masuk pesawat". Begitu isinya. Lalu dia seperti menunggu jawaban. Dua menit kemudian, dia menelepon seseorang dan mengatakan hal yang sama dengan di pesan singkat tadi. Aku jadi teringat suamiku. Aku juga selalu melakukan itu setiap bepergian tanpa mas.

Take off jadi puncak perasaanku tak terbendung. Aku terus melihat ke jendela sambil menumpahkan bulir-bulir hangat di pipi. Aku rindu suamiku. Kita masih muda dan membara. Tapi suamiku, aku mau besok kita begitu. Selalu begitu, seperti orang-orang yang aku temui hari ini. Aku tidak minta kita segera tua. Tapi jika nanti saatnya tiba, maka mari saling memiliki dan menjaga. Aku akan membantu memotong kukumu yang mulai menguning. Kau juga akan menggandengku ke teras saat cucu kita tiba. Berdua kita nikmati secangkir teh saat pagi hari sambil mengenang kisah kita dalam canda. Cinta tidak kadaluarsa oleh usia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks MC Bahasa Inggris di Acara Kuliah Pakar (Stadium General)

Rabu kemarin aku diminta jadi MC di acara kuliah pakar dengan dua pembicara. Satu satunya pembicara dari Turki dan satunya lagi adalah dosen UNS sekaligus mahasiswa post-doc di Dortmund, Jerman. Acaranya alhamdulillah lancar meski didn't run smoothly. So, di sini aku akan share teks MC berbahasa inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.  Ladies and gentleman, may I have your attention please. Please have a seat because opening ceremony is about to begin. Assalamualaikum wr wb. Good Morning ladies and Gentleman, welcome to  2 nd Floor room, Graduate School, Universitas Sebelas Maret. We would like to express our sincere gratitude to 1.   Excellency The Head of Chemistry Graduate Program / Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, M.Si 2.   Honourable the speaker from Department of Chemical Engineering, Izmir Institute of Technology/ Prof. Selatahattin Yilmaz, welcome to Indonesia. 3. Honourable the speaker from Department of Chem

Tahapan Rekrutmen Medical Delegate Trainee (MDT) PT Nestle Indonesia Oktober-November 2015

Karena banyak yang request, akhirya aku bikin edisi yang more detail.  Posisi MDT PT. Nestle Indonesia bisa didapatkan melalui rekrutmen kampus, jobfair, dan event pencarian kerja lainnya. Rekrutmen kampus mungkin salah satu yang berpeluang besar untuk kita, terutama fresh graduate. UNS Surakarta. Posisi yang ditawarkan adalah Medical Delegate Trainee (MDT). Saat aku mendaftar dulu, secara umum tahap seleksinya ada 7 : short interview, focus group discussion, in depth interview, join visit, final interview, medical check up, dan salary offering. Kalau dari rekrutmen kampus, biasanya kita diminta mengisi form online mengenai biodata kita. Kemudian, pada hari yang sudah ditentukan, kita diminta datang ke tempat seleksi. Pastikan pakai baju yang rapi dan bersepatu. Nestle akan  mengawali rekrutmen dengan memberikan presentasi mengenai introduction about perusahaan. Nestle bergerak di bidang nutrition, health, and wellness. Tagline nya adalah good food, good life. Selanjutnya masin

Cara Mengisi Formulir Visa Nasional (Residence Permit) Kedutaan Jerman

Hai travellers! Apply visa untuk pertama kali memang agak membingungkan. Tapi jangan takut, asalkan semua syarat sudah terpenuhi, proses pembuatan visa pasti jadi semakin mudah dan lancar. Formulir merupakan salah satu syarat pengajuan visa. Mau ga mau kita harus mengisinya kan? Kabar baiknya adalah formulir harus diisi dalam bahasa jerman! Saya sempet bingung karena ga bisa bahasa Jerman. Tapi Alhamdulillah, dengan segala macam upaya akhirnya sekarang saya sudah bisa mengisi formulir tsb dan akan share ke teman-teman yang membutuhkan. Pertama download dulu formulirnya di sini :  http://m.jakarta.diplo.de/contentblob/3453968/Daten/4808067/antrag_national.pdf Mengisi formulir boleh dengan cara diketik atau ditulis tangan. Setau saya warna tintanya juga bebas, boleh hitam atau biru. Eh, tapi jangan merah ya, aneh kayaknya haha. Yuk kita mulai mengisinya :)