Langsung ke konten utama

Berhenti Bukan Berarti Menyerah

Hasil gambar untuk berhenti 
Hari ini akan jadi hari yang bersejarah di hidupku. Satu dari ribuan sejarah yang sudah aku torehkan, yang ini rasanya noticeable to remember. Aku mengakhiri semua perjuangan yang aku mulai (yang sedari dulu aku ragukan tapi tetap aku perjuangkan). RESIGN. Re = mengulang, Sign = tanda, jadi bikin aku flashback, ingat semua gairahku yang tumpah di bulan Desember lalu. 30 November, 1 Desember, boleh jadi kukira adalah awal karirku. Tiga minggu penuh aku dan enam puluh teman dari Sabang sampai Merauke (yang membuatku  tidak meragukan keanekaragaman hayati Indonesia) dikarantina bahagia di sebuah gedung moderate mewah yang namanya Wisma PKK. Harusnya satu tahun dari tanggal itu kami akan kembali lagi dan mencicipi masa lalu yang kemudian (berharap) jadi manis untuk menjalani final interview. Aku, waktu itu duduk paling depan, tepat berhadapan dengan wanita nomor satu di perusahaan susu Switzerland Indonesia, paling lantang meneriakkan bahwa aku harus kembali ke situ bersama enam puluh orang lainnya. Aku harus lulus sebagai trainee. Aku harus merekomendasikan nutrisi terbaik untuk masyarakat. Aku harus bisa jadi TRUSTED NUTRITION ADVISOR. 

Itu dulu...
Teriakanku kini jadi debu..
Hilang di antara kotak-kotak susu warna kuning yang tiap akhir bulan selalu kupandangi...

Keraguan merupakan fitrah manusia. Aku manusia yang berhak ragu. Dengan segala hal yang kumiliki, yang bisa jadi ribuan orang di luar sana inginkan, kebimbangan untuk melepas semua selalu merayu seperti setan, merasuk sampai ke urat nadi. Suara kesahku bahkan terdengar sampai ke jantung, membuat iramanya jadi tak karuan. Satu pertanyaan yang jadi retorika adalah : Apakah aku kurang bersyukur sehingga aku lari? Pertanyaan lain yang tak kalah menggoda untuk direnungkan adalah : Apakah aku kurang berusaha?
Itu saja yang menjadi hantu di pikiran.

Pertanyaan-pertanyaan semacam itu tak perlu dijawab. Semuanya ada di sini (menunjuk hati). Aku adalah (harusnya) yang paling tahu siapa aku. Aku adalah yang paling mengerti apa yang aku mau dan benar-benar aku inginkan. Dari hari-hari yang yang telah lewat, cuma seperti badai. Bangun tidurku tak pernah ceria. Saat membuka mata, otak ini langsung mengatur siasat bagaimana cara membalas semua makian dengan rayuan, mengubah semua keraguan jadi pesanan berkarton-karton susu. Aku bukan pejuang untuk itu. Bukan itu yang harus ku inginkan. Seorang ambivert cenderung introvert, seperti aku rasanya bukan menempuh jalan itu untuk bahagia. Aku mau keluar jalur. Aku akan beristirahat untuk mengambil ancang-ancang terus berlari. Aku menyerah bukan kalah dan pasrah. Aku berhenti sejenak untuk memutar arah agar bisa mencapai mimpi yang lain.

Bismillahirrahmanirrahim..
Aku mengirim surat elektronik bertanda tangan itu ke atasan ku, ke HRD ku, dan yang jelas ke diriku sendiri. Surat ini adalah komitmen awal bahwa aku siap menempuh terjalnya hidupku yang lain, yang akan kuhadapi. Aku siap. Aku harus siap.

Sumber gambar: https://hellosehat.com/wp-content/uploads/2016/09/ThinkstockPhotos-543696008.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks MC Bahasa Inggris di Acara Kuliah Pakar (Stadium General)

Rabu kemarin aku diminta jadi MC di acara kuliah pakar dengan dua pembicara. Satu satunya pembicara dari Turki dan satunya lagi adalah dosen UNS sekaligus mahasiswa post-doc di Dortmund, Jerman. Acaranya alhamdulillah lancar meski didn't run smoothly. So, di sini aku akan share teks MC berbahasa inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.  Ladies and gentleman, may I have your attention please. Please have a seat because opening ceremony is about to begin. Assalamualaikum wr wb. Good Morning ladies and Gentleman, welcome to  2 nd Floor room, Graduate School, Universitas Sebelas Maret. We would like to express our sincere gratitude to 1.   Excellency The Head of Chemistry Graduate Program / Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, M.Si 2.   Honourable the speaker from Department of Chemical Engineering, Izmir Institute of Technology/ Prof. Selatahattin Yilmaz, welcome to Indonesia. 3. Honourable the speaker from Department of Chem

Cara Mengisi Formulir Visa Nasional (Residence Permit) Kedutaan Jerman

Hai travellers! Apply visa untuk pertama kali memang agak membingungkan. Tapi jangan takut, asalkan semua syarat sudah terpenuhi, proses pembuatan visa pasti jadi semakin mudah dan lancar. Formulir merupakan salah satu syarat pengajuan visa. Mau ga mau kita harus mengisinya kan? Kabar baiknya adalah formulir harus diisi dalam bahasa jerman! Saya sempet bingung karena ga bisa bahasa Jerman. Tapi Alhamdulillah, dengan segala macam upaya akhirnya sekarang saya sudah bisa mengisi formulir tsb dan akan share ke teman-teman yang membutuhkan. Pertama download dulu formulirnya di sini :  http://m.jakarta.diplo.de/contentblob/3453968/Daten/4808067/antrag_national.pdf Mengisi formulir boleh dengan cara diketik atau ditulis tangan. Setau saya warna tintanya juga bebas, boleh hitam atau biru. Eh, tapi jangan merah ya, aneh kayaknya haha. Yuk kita mulai mengisinya :)

Tahapan Rekrutmen Medical Delegate Trainee (MDT) PT Nestle Indonesia Oktober-November 2015

Karena banyak yang request, akhirya aku bikin edisi yang more detail.  Posisi MDT PT. Nestle Indonesia bisa didapatkan melalui rekrutmen kampus, jobfair, dan event pencarian kerja lainnya. Rekrutmen kampus mungkin salah satu yang berpeluang besar untuk kita, terutama fresh graduate. UNS Surakarta. Posisi yang ditawarkan adalah Medical Delegate Trainee (MDT). Saat aku mendaftar dulu, secara umum tahap seleksinya ada 7 : short interview, focus group discussion, in depth interview, join visit, final interview, medical check up, dan salary offering. Kalau dari rekrutmen kampus, biasanya kita diminta mengisi form online mengenai biodata kita. Kemudian, pada hari yang sudah ditentukan, kita diminta datang ke tempat seleksi. Pastikan pakai baju yang rapi dan bersepatu. Nestle akan  mengawali rekrutmen dengan memberikan presentasi mengenai introduction about perusahaan. Nestle bergerak di bidang nutrition, health, and wellness. Tagline nya adalah good food, good life. Selanjutnya masin