Langsung ke konten utama

Persiapan Wisuda..

Hasil gambar untuk wisudaWisuda merupakan hal yang luar biasa. Selalu diinginkan oleh mahasiswa. Selalukah? Iya,pasti. Untuk mahasiswa semester akhir, wisuda bisa menjadi sebuah “pintu akhir kesengsaraan” yang dia dapatkan selama mengerjakan skripsi. Wisuda juga menjadi senjata kuat dalam menghindari pertanyaan-pertanyaan masyarakat yang luar biasa mengganggu.
“Sekarang semester berapa?”
“Skripsi sampai mana?”
“Kapan wisuda?”
“Kapan nikah?”
Thank you masyarakat. Kalian benar-benar senjata penyemangat tugas akhir yang paling ampuh. Kalian juga penambah derita dan beban pikiran otak mahasiswa yang cuma dipakai kurang dari 6% ini :D

Sekarang bulan Juli. Dua bulan lagi aku diwisuda. Aku sudah di rumah sekarang untuk mempersiapkan “acara penting” itu. Bapak ibuku merasa itu acara yang penting. Bagiku wisuda itu nggak penting. Yang penting adalah skripsiku  sudah ditandatangani penguji 1 dan 2, pembimbing 1 dan 2, juga kajur. Tapi aku memaklumi keribetan orang tuaku, itu merupakan manifestasi kebahagiaan orang tua karena anak pertama mereka akan meraih gelar sarjana.  Jadi persiapan wisuda ini sangat luar biasa. Mulai dari baju toga, kebaya, sepatu, jilbab, make up, dan lain-lain. Wisuda sarjana ini sekali seumur hidup, kecuali kalau kuliah S1 lagi. Pada umumnya wisudawati di UNS mengenakan kebaya dan berkain sebelum dibalut baju toga hitam. Selama aku hidup, aku belum pernah punya baju yang bernama kebaya itu. Aku tidak tahu, kapan idealnya kebaya itu akan dipakai. Waktu acara nikahan? Acara resmi? Acara-acara seperti itu jarang sekali dihadiri oleh diriku yang seperti ini. Rasanya aku mau nyewa aja kebayanya. Tapi ibuku maksa aku harus punya kebaya di usiaku yang menginjak 22. Beliau berpendapat bahwa, di umurku yang sekarang pasti kebaya sangat dibutuhkan. Jadi, ibu membuat dua kebaya sekaligus untukku, warna dark purple dan peach. Kebaya? Sudah. Jilbab? Aku nggak mau yang ribet, jadi ibu membelikan aku jilbab langsung. Sip banget! Sepatu? Sudah. Salon untuk make up? Aku menyakinkan ibuku untuk nyari salon di Solo yang dandaninnya nggak menor. Tapi sebenernya aku cuma mau ke salon deket kosan aja (lagi-lagi nggak mau ribet) hehe semoga bagus. Setelah aku pikir-pikir hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk wisuda adalah :
1. Seragam wisuda dari kampus
Biasanya berupa topi dan baju toga, lencana lambang kampus, slempang cumlaude (optional) dan lain sebagainya sesuai dengan kampus masing-masing. Saat sudah dapat seragam wisudanya, pastikan kalau baju toganya cukup sama kamu guys. Cek dulu apakah ada yang rusak. Kalau baju atau topinya kebesaran/kekecilan segera ditukar ya.

2. Kebaya dan kain
Khusus bagi wisudawati, biasanya pakai kebaya dan berkain. Jangan lupa jilbab atau sanggul. Kalau yang berjilbab, saranku nggak usah pake jilbab yang terlalu ribet. Kalau aku survey, jaman sekarang pada pake jilbab yang ditumpuk-tumpuk yang bisa terdiri dari 2-4 jilbab. Kalau buat aku pribadi sih, terlalu ribet bisa bikin nggak nyaman, kepalanya berat, trus panas banget. Belum lagi aku pernah liat ada yang jilbabnya lepas, bunga di jilbab rusak, dan lain sebagainya. Jadi, saranku kalau teman-teman sudah pilih gaya berjilbabnya, dicoba dulu di rumah, nyaman dan aman nggak. Kalau sudah oke, baru siap action! (Kalau wisudawan cukup simple, cuma pakai kemeja putih dan celana hitam).

3. Sepatu
Siapin sepatunya, jangan sampai nggak nyaman soalnya dipakai seharian. Aku pakai sepatu high heels yang tingginya 5 cm. Pasti egel banget karena jarang pakai sepatu hak tinggi :/  Tapi sepatuku cukup nyaman soalnya jauh-jauh hari sebelumnya sudah aku coba :D

4. Fotografi
Momen wisuda memang cukup langka, guys. Pasti setiap orang mau mengabadikan peristiwa wisuda tersebut. Nah, ada beberapa alternatif nih. Yang pertama, menyewa studio foto. Biasanya studio-studio foto yang professional sudah menyiapkan paket wisuda. Nanti ada backgroundnya bisa macem-macem dan ada tema tertentu juga. Asiik banget. Cocok buat foto bareng teman atau keluarga. Harga paketnya memang lumayan mahal, tapi hasilnya cukup memuaskan. Kalau mau ambil lebih banyak foto bisa bawa kamera sendiri terus minta tolong temen deh untuk fotoin :)

5. Make up
Penting nih buat yang cewek. Pilih make up yang nggak terlalu menor. Kalo aku prefer lipstick dengan warna lembut, eye shadow dan blush on juga warna lembut. Make up natural bikin kita tambah cantik, tapi make up yang terlalu over bikin kita aneh :D Kalo mau dandan sendiri, jauh-jauh hari harus dicobain dulu jadi kita tau mana yang kurang. Kalau mau dimake up-in salon, sebaiknya kita survey dulu mana salon yang bagus dan murah :D

6. Tissue
Butuh tissue banget niiih, soalnya panas banget di ruangannya jadi keringetan terus.

7. Jam tangan
Menurutku kita perlu pake jam tangan biar kita tepat waktu. Kadang ada yang wisudanya dua kali, di fakultas dan di universitas, jadi biar nggak telat kita mesti pake jam tangan.
 
Itu hal-hal yang penting dipersiapkan pas wisuda. Kalau ada yang kurang boleh ditambahin. Happy graduation!!! ^^

Picture source : 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2RhvyfbeTuh6gNvO3B1G-DoEEuMuCmaxtqHSKuN05bVcHx_sEn811lCph2iXLlK1nAq-_VRIzieeT2VwG1P_R9c1xoIGVxLAPqpsXgvR2Sxy348tCCGdJsWZ1HpXtc5am8UiAxTBtlQ/s1600/wisuda.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks MC Bahasa Inggris di Acara Kuliah Pakar (Stadium General)

Rabu kemarin aku diminta jadi MC di acara kuliah pakar dengan dua pembicara. Satu satunya pembicara dari Turki dan satunya lagi adalah dosen UNS sekaligus mahasiswa post-doc di Dortmund, Jerman. Acaranya alhamdulillah lancar meski didn't run smoothly. So, di sini aku akan share teks MC berbahasa inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.  Ladies and gentleman, may I have your attention please. Please have a seat because opening ceremony is about to begin. Assalamualaikum wr wb. Good Morning ladies and Gentleman, welcome to  2 nd Floor room, Graduate School, Universitas Sebelas Maret. We would like to express our sincere gratitude to 1.   Excellency The Head of Chemistry Graduate Program / Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, M.Si 2.   Honourable the speaker from Department of Chemical Engineering, Izmir Institute of Technology/ Prof. Selatahattin Yilmaz, welcome to Indonesia. 3. Honourable the speaker from Department of Chem

Cara Mengisi Formulir Visa Nasional (Residence Permit) Kedutaan Jerman

Hai travellers! Apply visa untuk pertama kali memang agak membingungkan. Tapi jangan takut, asalkan semua syarat sudah terpenuhi, proses pembuatan visa pasti jadi semakin mudah dan lancar. Formulir merupakan salah satu syarat pengajuan visa. Mau ga mau kita harus mengisinya kan? Kabar baiknya adalah formulir harus diisi dalam bahasa jerman! Saya sempet bingung karena ga bisa bahasa Jerman. Tapi Alhamdulillah, dengan segala macam upaya akhirnya sekarang saya sudah bisa mengisi formulir tsb dan akan share ke teman-teman yang membutuhkan. Pertama download dulu formulirnya di sini :  http://m.jakarta.diplo.de/contentblob/3453968/Daten/4808067/antrag_national.pdf Mengisi formulir boleh dengan cara diketik atau ditulis tangan. Setau saya warna tintanya juga bebas, boleh hitam atau biru. Eh, tapi jangan merah ya, aneh kayaknya haha. Yuk kita mulai mengisinya :)

Tahapan Rekrutmen Medical Delegate Trainee (MDT) PT Nestle Indonesia Oktober-November 2015

Karena banyak yang request, akhirya aku bikin edisi yang more detail.  Posisi MDT PT. Nestle Indonesia bisa didapatkan melalui rekrutmen kampus, jobfair, dan event pencarian kerja lainnya. Rekrutmen kampus mungkin salah satu yang berpeluang besar untuk kita, terutama fresh graduate. UNS Surakarta. Posisi yang ditawarkan adalah Medical Delegate Trainee (MDT). Saat aku mendaftar dulu, secara umum tahap seleksinya ada 7 : short interview, focus group discussion, in depth interview, join visit, final interview, medical check up, dan salary offering. Kalau dari rekrutmen kampus, biasanya kita diminta mengisi form online mengenai biodata kita. Kemudian, pada hari yang sudah ditentukan, kita diminta datang ke tempat seleksi. Pastikan pakai baju yang rapi dan bersepatu. Nestle akan  mengawali rekrutmen dengan memberikan presentasi mengenai introduction about perusahaan. Nestle bergerak di bidang nutrition, health, and wellness. Tagline nya adalah good food, good life. Selanjutnya masin