Langsung ke konten utama

Sudah Belajar Kok Nilaiku Jelek (lanjutan....)


Lanjutan.....


Mungkin kita harus ingat, ada beberapa hal yang terlupakan hingga membuat usaha kita seakan sia-sia. Apa sajakah ?

Niat
Niat itu sangat penting sekali. Segala sesuatu terhantung pada niat seperti yang tercantum di hadits. Tanpa niat yang suci dan tulus maka segala yang kita kerjakan hanyalah sia-sia belaka. Serem ya? Niat yang utama hanyalah untuk mencari ridho Allah. Hal ini sepertinya sulit jika kita tidak membiasakannya. Dunia sering membuat kita terlena sehingga kita mengutamakan hal lain daripada ridha Allah. Kalau kita berniat ujian dan dapat nilai bagus karenaingin dianggap pintar atau ingin dipuji sama si A maka jangan heran jika Allah tidak membantu kita.

Ikhlas
Ikhlas coy. Belajar harus ikhlas. Jangan mentang mentang banyak ujian kita mengeluh, menilai negatif, dan mengumpat. Ini penyakitnya kebanyakan mahasiswa, aku juga haha. Kita sering mengeluh tuh. Ah, sebel materinya banyak banget. Gak mudeng nih. Aku semangat kok walau yaah gak mudeng. Atau ucapan lainnya. Sering juga menilai negatif dosen kita atau sapa aja sebagai pelampiasan kekesalan pada ujian. Pada dasarnya manusia nggak suka ujian. Bener kan? kalau ada yang suka silakan tunjuk tangan. hehe. Pasti kita sering mikir negatif sebelum ujian. Ih bisa ga ya ntar. Ah pasti dosennya bikin soal yang sulit-sulit. Dosennya udah killer, pelit lagi. Pikiran negatif hanya akan memberi dorongan pada otak untuk melakukan hal-hal sesuai yang kita pikirkan itu. Jadi sob, ayo mikir yang positif aja, bahasa gaulnya positive thinking, oce? Nah yang satu lagi sering itu mengumpat atau misuh kalau dalam bahasa jawa. Nggak boleh itu misuh-misuhin dosennya atau temennya kalo sebelum ujian. Ntar jadi kebiasaan lho.

Efektifkah Belajar Kita?
Ada yang mengatakan bahwa kualitas itu lebih penting daripada kuantitas. Jadi jika kita belajar semalam suntuk bahkan sampai tidak tidur, belum tentu itu membuat kita pintar dan bisa mengerjakan ujian. Otak itu merupakan organ yang berperan. Otak itu seperti manusia punya jam kerja. Saat otak kinerjanya mulai menurun maka akan sulit bagi kita untuk menggunakannya dalam berpikir yang berat-berat. Seorang teman mengatakan otak akan efektif jika digunakan mulai setelah shubuh hingga siang, kemudian mulai jam 7 sampai dan 9 malam. Wah, ayo kita coba bener nggak ya?
Tidur juga penting. Ayo teman-teman tidur yang cukup dan jangan banyak begadang (kayak aku). Suatu penelitian juga membuktikan tidur cukup dapat menguatkan daya ingat, bahkan kurang tidur dapat mengurangi kinerja otak atau agak lemot gitu.

Imbangi dengan Amal Sholeh
Ibu selalu mengingatkan bahwa selesaikan urusanmu dengan Allah maka Allah akan menyelesaikan urusanmu. Kakak kelas yang aktif di lembaga dakwah kampus pernah bilang "Jika kita membela agama Allah masa sih Allah tidak membantu kita, tidak mungkin kan?". Ketika kita sedang diuji ayo kita imbangi dengan amal sholeh. Perbanyak sodaqoh. Senyum dimana-mana. Asal jangan senyum-senyum sendiri ya.. :D dengan begitu Allah akan menolong kita. Jangan lupa juga shalat tepat waktu.

Benarkah Teman Kita Santai?
Belum tentu! Teman kita yang kita kira dapet nilai bagus tapi santai belum tentu lho seperti yang kita pikirkan. Kita tak pernah tahu dengan pasti seberapa besar usaha seseorang. Kecuali kita buntuti 24 jam hehe. Seseorang punya gaya belajar yang berbeda-beda. Ada yang suda belajar sambil tidur-tiduran, ada yang sambil dengerin musik, atau ada juga yang sambil tidur beneran. Ada yang bisa belajar di tempat ramai, tapi ada juga yang bisanya di tempat sepi. Karena itu saat yang lain terlihat sibuk belajar belum tentu doi tidak belajar. Bisa jadi dia belajar di kantin atau di toilet (mungkin ga ya?). Mood dalam belajar juga beda-beda. Jadi saat kita tidur mungkin dia malah sedang mood belajar dan langsung masuk ilmunya. Setiap orang juga punya daya serap dan daya tangkap yang berbeda-beda. Mungkin ada yang baca sekali langsung hafal, ada yang berkali-kali belum hafal, ada juga yang belum baca udah hafal hanya dengan mendengarkan. Oleh karena itu kenali gaya belajar kita.

yang mungkin itu saja hasil observasi dan survey yang berhasil aku rangkum. Jika ada tambahan nanti bisa didiskusikan. Semoga kita bisa menerapkannya ya. Selain itu, semoga bermanfaat bagi kita semua dan khususnya bagi yang menulis ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks MC Bahasa Inggris di Acara Kuliah Pakar (Stadium General)

Rabu kemarin aku diminta jadi MC di acara kuliah pakar dengan dua pembicara. Satu satunya pembicara dari Turki dan satunya lagi adalah dosen UNS sekaligus mahasiswa post-doc di Dortmund, Jerman. Acaranya alhamdulillah lancar meski didn't run smoothly. So, di sini aku akan share teks MC berbahasa inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.  Ladies and gentleman, may I have your attention please. Please have a seat because opening ceremony is about to begin. Assalamualaikum wr wb. Good Morning ladies and Gentleman, welcome to  2 nd Floor room, Graduate School, Universitas Sebelas Maret. We would like to express our sincere gratitude to 1.   Excellency The Head of Chemistry Graduate Program / Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, M.Si 2.   Honourable the speaker from Department of Chemical Engineering, Izmir Institute of Technology/ Prof. Selatahattin Yilmaz, welcome to Indonesia. 3. Honourable the speaker from Department of Chem

Tahapan Rekrutmen Medical Delegate Trainee (MDT) PT Nestle Indonesia Oktober-November 2015

Karena banyak yang request, akhirya aku bikin edisi yang more detail.  Posisi MDT PT. Nestle Indonesia bisa didapatkan melalui rekrutmen kampus, jobfair, dan event pencarian kerja lainnya. Rekrutmen kampus mungkin salah satu yang berpeluang besar untuk kita, terutama fresh graduate. UNS Surakarta. Posisi yang ditawarkan adalah Medical Delegate Trainee (MDT). Saat aku mendaftar dulu, secara umum tahap seleksinya ada 7 : short interview, focus group discussion, in depth interview, join visit, final interview, medical check up, dan salary offering. Kalau dari rekrutmen kampus, biasanya kita diminta mengisi form online mengenai biodata kita. Kemudian, pada hari yang sudah ditentukan, kita diminta datang ke tempat seleksi. Pastikan pakai baju yang rapi dan bersepatu. Nestle akan  mengawali rekrutmen dengan memberikan presentasi mengenai introduction about perusahaan. Nestle bergerak di bidang nutrition, health, and wellness. Tagline nya adalah good food, good life. Selanjutnya masin

Cara Mengisi Formulir Visa Nasional (Residence Permit) Kedutaan Jerman

Hai travellers! Apply visa untuk pertama kali memang agak membingungkan. Tapi jangan takut, asalkan semua syarat sudah terpenuhi, proses pembuatan visa pasti jadi semakin mudah dan lancar. Formulir merupakan salah satu syarat pengajuan visa. Mau ga mau kita harus mengisinya kan? Kabar baiknya adalah formulir harus diisi dalam bahasa jerman! Saya sempet bingung karena ga bisa bahasa Jerman. Tapi Alhamdulillah, dengan segala macam upaya akhirnya sekarang saya sudah bisa mengisi formulir tsb dan akan share ke teman-teman yang membutuhkan. Pertama download dulu formulirnya di sini :  http://m.jakarta.diplo.de/contentblob/3453968/Daten/4808067/antrag_national.pdf Mengisi formulir boleh dengan cara diketik atau ditulis tangan. Setau saya warna tintanya juga bebas, boleh hitam atau biru. Eh, tapi jangan merah ya, aneh kayaknya haha. Yuk kita mulai mengisinya :)