Langsung ke konten utama

Klise

Di depan laptopku, aku mulai mengetik kata demi kata yang ada di otakku. Tuts-tuts pada keyboard aku tekan dengan gontai. Aku bingung dengan yang aku pikirkan. Mungkin ini suatu luapan gejolak masa remaja yang panas. Setiap remaja mempunyai suatu keinginan untuk menyampaikan apa yang dia pikirkan, apa yang dia ingin lakukan. Dan semua itu juga terjadi padaku nampaknya. Tapi aku tidak termasuk dalam jajaran orang-orang yang selalu berkoar-koar dengan speaker di kampus. Bukan pula pujangga yang karyanya mendunia. Dan yang bisa aku lakukan hanyalah menulis di blogku yang sepi pengunjung. Blogku sangat eksklusif. Hanya aku yang mengunjungi. Dan ketika aku memasang penghitung pengunjung, hatiku girang bukan kepalang melihat angka 527 menghiasi blogku.  Tetapi hari ini, aku sangat bingung dan sedikit kurang bersemangat. Bahkan untuk memberi judul pun aku bingung.
Baiklah sahabat, rasanya ini asam manis, pahit asin, atau mungkin pedas dan umami. Semuanya bersatu dengan mesra hingga usiaku nyaris 19 tahun. Cukup dewasa dan telah lama hidup di dunia. Berkutat dengan kimia adalah pilihanku. Orang-orang yang melihat sering merasa alergi dan mencemooh. Aku sudah bosan mendengar semua pendapat orang tentang jurusanku. Pernah suatu ketika aku berkunjung ke kantor tata usaha di sekolah lamaku. Saat itu aku akan mengurus kuliahku karena aku dinyatakan lulus PMDK di salah satu universitas terkemuka. Universitas itu berada di kota yang sama dengan SMA-ku. Saat aku mulai masuk, dengan sedikit kebanggaan, guru-guru di sana mulai menyalamiku, memberikan selamat, menjabat tanganku dan mengelu-elukan namaku. Bak putri satu hari, aku sangat berbahagia, kawan. Bayangkan, aku hanya dari sekolah Islam yang mungkin tak banyak yang tahu lokasinya. Tapi aku diterima dengan jalur PMDK. Subhanallah sekali kan. Kalau bukan karena Allah, mungkin aku tidak bisa melanjutkan pendidikanku sekarang ini. Tetapi saat itu, aku sedang diperhatikan oleh salah seorang ibu guruku. Beliau masuk ke ruangan kemudian duduk. Di hadapan banyak orang beliau berkata,"Kok mau-maunya masuk jurusan kimia. Disana itu memang masuknya gampang, tapi keluarnya susah. 5 tahun itu sudah cepat". Aku sedih. 5 tahun. Aku tahu bahwa guruku tersebut juga lulusan di jurusan dari calon universitasku nanti Aku pun bertanya padanya, "Kalau boleh tahu, ibu berapa tahun disana?". "Saya 6,5 tahun. Dan skripsinya...huh, menghabiskan banyak uang.". Aku terdiam dengan sedih. Aku berada dalam kalangan menengah kebawah. Ketika ekonomi menjadi masalah. Maka ini pelik bagiku. Tapi aku terus bersemangat dan tersenyum. Ini pilihanku. Aku harus menguatkan diri dengan semua. Aku tetap pada keteguhanku dan hingga semester 2 ini aku masih berusaha untuk bertahan. Tapi sang  keraguan selalu menari-nari di otakku. Kemudian, mencoba untuk meledekku. Datang kemudian sembunyi, muncul dan berlari. Aku tak peduli, aku berusaha membiarkannya pudar seiring dengan bertambahnya kecintaanku pada  kimia.Dan aku rasa, aku akan berhasil. Keluargaku juga menjadi sumber semangatku. Mama, bapak, adik-adik. Rindu rasanya. Sudah hampir empat tahun aku meninggalkan rumah untuk menimba ilmu. Keluargaku adalah semangatku. Kisah-kisah masa laluku adalah bagaikan pemantik api yang siap untuk menghidupkan korek. Aku merasa, akulah yang pertama. Anak pertama, cucu pertama. Bahkan panggilan "dik" selalu aku rindukan karena tidak  pernah. Ibuku, ibuku sangat aku cintai. Beliau adalah yang ketiga yang aku cinta setelah Allah dan Rasul-Nya. Membahagiakannya adalah obsesiku. Membuatnya menangis adalah suatu kegagalan sebagai manusia. Ya, hidupnya terlalu pahit untuk sekedar mengeluarkan air mata tak berarti. Hatinya sudah kebal sperti baja. Oh, ibu.. tunggulah kesuksesanku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks MC Bahasa Inggris di Acara Kuliah Pakar (Stadium General)

Rabu kemarin aku diminta jadi MC di acara kuliah pakar dengan dua pembicara. Satu satunya pembicara dari Turki dan satunya lagi adalah dosen UNS sekaligus mahasiswa post-doc di Dortmund, Jerman. Acaranya alhamdulillah lancar meski didn't run smoothly. So, di sini aku akan share teks MC berbahasa inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.  Ladies and gentleman, may I have your attention please. Please have a seat because opening ceremony is about to begin. Assalamualaikum wr wb. Good Morning ladies and Gentleman, welcome to  2 nd Floor room, Graduate School, Universitas Sebelas Maret. We would like to express our sincere gratitude to 1.   Excellency The Head of Chemistry Graduate Program / Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, M.Si 2.   Honourable the speaker from Department of Chemical Engineering, Izmir Institute of Technology/ Prof. Selatahattin Yilmaz, welcome to Indonesia. 3. Honourable the speaker from Department of Chem

Cara Mengisi Formulir Visa Nasional (Residence Permit) Kedutaan Jerman

Hai travellers! Apply visa untuk pertama kali memang agak membingungkan. Tapi jangan takut, asalkan semua syarat sudah terpenuhi, proses pembuatan visa pasti jadi semakin mudah dan lancar. Formulir merupakan salah satu syarat pengajuan visa. Mau ga mau kita harus mengisinya kan? Kabar baiknya adalah formulir harus diisi dalam bahasa jerman! Saya sempet bingung karena ga bisa bahasa Jerman. Tapi Alhamdulillah, dengan segala macam upaya akhirnya sekarang saya sudah bisa mengisi formulir tsb dan akan share ke teman-teman yang membutuhkan. Pertama download dulu formulirnya di sini :  http://m.jakarta.diplo.de/contentblob/3453968/Daten/4808067/antrag_national.pdf Mengisi formulir boleh dengan cara diketik atau ditulis tangan. Setau saya warna tintanya juga bebas, boleh hitam atau biru. Eh, tapi jangan merah ya, aneh kayaknya haha. Yuk kita mulai mengisinya :)

Tahapan Rekrutmen Medical Delegate Trainee (MDT) PT Nestle Indonesia Oktober-November 2015

Karena banyak yang request, akhirya aku bikin edisi yang more detail.  Posisi MDT PT. Nestle Indonesia bisa didapatkan melalui rekrutmen kampus, jobfair, dan event pencarian kerja lainnya. Rekrutmen kampus mungkin salah satu yang berpeluang besar untuk kita, terutama fresh graduate. UNS Surakarta. Posisi yang ditawarkan adalah Medical Delegate Trainee (MDT). Saat aku mendaftar dulu, secara umum tahap seleksinya ada 7 : short interview, focus group discussion, in depth interview, join visit, final interview, medical check up, dan salary offering. Kalau dari rekrutmen kampus, biasanya kita diminta mengisi form online mengenai biodata kita. Kemudian, pada hari yang sudah ditentukan, kita diminta datang ke tempat seleksi. Pastikan pakai baju yang rapi dan bersepatu. Nestle akan  mengawali rekrutmen dengan memberikan presentasi mengenai introduction about perusahaan. Nestle bergerak di bidang nutrition, health, and wellness. Tagline nya adalah good food, good life. Selanjutnya masin